Tuesday, May 28, 2013

Enterprise Manager 12c Sizing and Installation

Dalam post kali ini saya akan menjelaskan step by step instalasi Enterprise Manager Cloud Control 12c berikut dengan pertimbangan sizing hardware dsb. Akan ada beberapa error yang akan ada temui, dan mudah-mudahan anda dapat terbantu dengan mengikuti tutorial ini. Langkah-langkah ini tidak membahas proses seluruh konfigurasi di level OS dan Database ataupun proses instalasi Java/Jrockit dan Weblogic yang cukup straight forward. Apabila anda memiliki pertanyaan akan kedua topik ini, silahkan bertanya melalui comment di post ini.

Proses instalasi menggunakan Oracle Linux 5.9, Jrockit jrockit-jdk1.6.0_37-R28.2.5-4.1.0-linux, Weblogic 10.3.6 dan Oracle Database 11.2.0.1.

Langsung saja, execute installer EM12c anda dengan menjalankan ./runInstaller dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Next untuk step 1 dan 2, silahkan memasukkan credential support Oracle apabila perlu. Anda akan masuk ke screen Prerequisite Check. Disini akan dilakukan pengecekan level OS dimana EM akan diinstall. Step yang biasanya gagal adalah pada bagian host name, yang secara default bernama localhost.localdomain dan ini tidak dapat dipakai sebagai host name yang valid. Ikuti langkah 2 apabila anda mengalami problem ini, hingga semua Prerequisite Check sukses. 
  2. Edit file /etc/hosts anda dengan memasukkan hostname yang sesuai (nostraem.domain dalam tutorial ini). File /etc/hosts anda nantinya kira-kira akan memiliki entry sebagai berikut: 
  3. Layar berikutnya akan membawa anda ke Installation Type, dimana anda akan memilih tipe instalasi yang dapat berupa Simple(sebaiknya dipilih hanya untuk environment development), Advance, Upgrade ataupun Install Software Only(hanya menginstall file binary tanpa konfigurasi). Dalam blog ini, kita akan memilih Advance. 
  4. Berikutnya anda akan diminta memasukkan detil dari Middleware Home(lokasi instalasi Weblogic Server), Agent Base Directory(tempat dimana agent akan diletakkan ketika kita menginstall EM12c.) dan Host Name. 
  5. Instalasi kemudian akan dilanjutkan dengan Plug-in yang akan dideploy bersamaan dengan proses instalasi EM. Plug-in ini akan berlaku untuk menentukan apa saja aplikasi yang nantinya akan dimonitor oleh EM. Silahkan pilih plug in yang diperlukan di layar ini. 
  6. Next, masukkan password dari domain administrator dan node manager yang akan dipakai. 
  7. Berikutnya adalah step yang sangat KRUSIAL. Anda dapat mengalami kegagalan yang sulit dilacak apabila asal-asalan memilih pilihan yang ada di screen ini. Screen ini menunjukkan detil dari koneksi database yang akan kita pakai dan juga Deployment size dari EM yang akan diinstall. Terdapat 3 pilihan yaitu Small, Medium dan Large. Pilihan mana yang sebaiknya anda ambil? Lanjutkan detilnya pada step ke 8 dan 9. 
  8. Apabila anda ingin tahu apa beda dari Deployment Size dari layar sebelumnya, dokumentasi Oracle menjelaskan perbedaannya. Field ini menentukan seberapa banyak jumlah agent yang dapat dipasang, jumlah target yang dapat dimonitor dan User Session yang dapat berjalan bersamaan. Besarnya Deployment Size juga menentukan seberapa besar resource Hardware yang harus disiapkan baik dari sisi Core Processor maupun Memory Allocation. Perhatikan spesifikasi hardware anda lalu pilih Deployment size yang sesuai agar proses instalasi dapat berjalan dengan baik. Saya berkali-kali gagal melakukan proses instalasi karena melewatkan detil ini.
     
  9. Setelah memasukkan credential DB dan deployment size, akan dilakukan pengecekan parameter database. Anda dapat segera memperbaikinya segera, atau nanti setelah proses instalasi selesai. Untuk parameter database, misalnya: sqlplus -> alter system set 'parameter_yangdiminta_misal_session_cached_cursors'=<jumlah_yang_diminta> scope=spfile;
  10. Masukkan password Sysman, ini akan dipakai sebagai password user Sysman di database maupun di webconsole EM12c. 
  11. Masukkan port yang akan dipakai untuk masing-masing komponen
     
  12. Layar berikut akan memberikan review dari detil instalasi yang akan dilakukan. Lanjutkan ke layar berikutnya untuk memulai proses instalasi.
  13. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Ini akan memakan waktu yang cukup lama, be patient :). Diakhir proses instalasi, anda akan diminta melakukan eksekusi file allroot.sh. Buka Terminal, masuk ke folder yang disebutkan, lalu execute script yang dimaksud. Setelah selesai, kembali ke layar ini dan klik OK. 
  14. Selamat! Proses instalasi EM sudah selesai. Anda dapat mengecek home page EM berdasarkan URL yang disebutkan di akhir layar instalasi. 
  15. Buka browser anda dan buka https://<hostname>:<port(default7101)>/console untuk membuka weblogic console. Apabila sukses, anda dapat melihat di Environment -> Servers bahwa kedua server yaitu admin dan OMS telah RUNNING dan Healthnya OK. Di https://<hostname>:<port(default7799)>:em anda dapat mengakses Enterprise Manager anda dan mencoba fitur-fitur yang ada di EM :)


Selamat, anda telah berhasil melakukan proses instalasi Enterprise Manager 12c. Blog berikutnya akan membahas bagaimana melakukan konfigurasi Agent untuk berbagai environment di EM12c. Dengan adanya Agent ini, EM12c dapat melakukan monitoring seperti server health, SOA composite (untuk SOA domain) dsb. See you in the next post!



No comments:

Post a Comment