Tuesday, April 2, 2013

Konfigurasi WebCenter Portal untuk WebClipping dan OmniPortlet dan Integrasi dengan WebCenter Content

Apabila kita sudah familiar dengan Oracle WebCenter Portal (kedepannya akan kita sebut WCP), kita pasti tahu bahwa WCP memiliki fitur bawaan yaitu WebClipping Portlet dan OmniPortlet. Kedua portlet ini dapat kita gunakan untuk berbagai keperluan dalam menampilkan informasi ke dalam Portal yang kita bangun. Jika kita menggunakan WebCenter Sites, kedua portlet ini dapat langsung ditambahkan ke halaman kita ketika run time melalui Resource Catalog.

Untuk menambahkan WebClipping dan OmniPortlet ke dalam halaman kita lalu masuk ke edit mode pada halaman yang ingin di-edit. Tekan Add Component dan Resource Catalog akan muncul untuk menampilkan seluruh komponen yang dapat ditambahkan ke halaman kita.


Untuk memilih WebClipping dan OmniPortlet, di layar Resource Catalog, pilih Portlet dan akan muncul WebClipping dan OmniPortlet yang dapat kita tambahkan ke halaman.


Akan tetapi, kedua portlet ini tidak dapat langsung diakses hanya dengan menyelesaikan proses instalasi saja. Apabila anda sudah selesai menginstall dan ingin langsung menambahkan WebClipping dan OmniPortlet, langkah-langkah diatas tidak akan membawa anda ke portlet yang diinginkan. Hal ini dikarenakan kita perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu ke WCP kita sehingga WCP tahu kemana dia harus mencari kedua portlet yang dimaksud.

Lakukan langkah-langkah berikut untuk memungkinkan WC Spaces mendaftarkan WebClipping dan OmniPortlet:
  1. Start Up server dengan menjalankan ./startManagedWeblogic.sh WC_Portlet, atau startManagedWeblogic.cmd WC_Portlet untuk Windows. WebClipping dan OmniPortlet berjalan diatas WC_Portlet sebagai Managed Server-nya.
  2. Pastikan WC_Portlet sudah Running di <hostname>:<port_instalasi>/console



  3. Masuk ke Enterprise Manager (EM) di <hostname>:<port_instalasi>/em 
  4. Setelah log in di EM, expand domain instalasi WCP -> WebCenter -> Portal -> Spaces -> webcenter(11.1.1.4) 
  5. Masuk ke Settings -> Service Configuration. Disini kita dapat mendaftarkan service-service yang akan kita integrasikan dengan portal kita. Pilih Portlet Producers 

  6. Pilih Add dan layar input akan terbuka 
  7. Pilih Oracle PDK-Java Producer dan masukkan Connection Name yang diinginkan, serta URL Endpoint sebagai berikut untuk me-register OmniPortlet: http://<hostname>:<port_number>/portalTools/omniPortlet/providers/omniPortlet 
  8. Tekan test untuk menguji valid/tidaknya konfigurasi kita. 
  9. Lakukan langkah 7 dan 8 untuk WebClipping portlet dengan memasukkan URL Endpoint berikut: http://<hostname>:<port_number/portalTools/webClipping/providers/webClipping
  10. Langkah-langkah diatas juga dapat dilakukan apabila kita ingin me-register portlet yang kita kembangkan sendiri.
  11. Setelah semua langkah-langkah ini sukses, maka SELAMAT!! anda sudah dapat memilih WebClipping dan OmniPortlet di WC Spaces anda! 
Setelah melakukan proses registrasi kedua portlet diatas, terdapat permasalahan lain juga yang serupa dengan integrasi WCP. Dalam WCP, kita juga dapat mengintegrasikan WebCenter Content (kedepannya akan kita sebut WCC) sebagai document repository.

WCP dan WCC merupakan dua aplikasi yang terpisah yang masing-masing memiliki interface tersendiri untuk mengakses fungsi-fungsi yang ada di dalamnya. Tetapi akan sangat memudahkan apabila kita dapat mengakses dokumen, download, upload dan fitur-fitur WCC lainnya langsung melalui WCP. Tidak perlu lagi membuka 2 tab yang berbeda di browser, tidak perlu lagi log in dua kali dan apapun yang ingin kita lakukan di WCC dapat langsung dilakukan dari WCP.

Secara out of the box, jembatan WCC dan WCP sudah ada, akan tetapi, jembatan ini tidak langsung ada hanya dengan kita melakukan plain installation. Sama seperti langkah diatas, konfigurasi WCC dan WCP juga perlu dilakukan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk langsung dapat mengintegrasikan document service WCC ke dalam WCP.


  1. Start Up WCC server dengan menjalankan ./startManagedWeblogic.sh UCM_server1, atau startManagedWeblogic.cmd UCM_server1 di Windows dan tunggu hingga server Running dan dapat diakses di http://<hostname>:<port_number>/cs
  2. Masuk ke Enterprise Manager di http://<hostname>:<port_number>/em
  3. Setelah log in, expand <install_domain> -> WebCenter -> Content -> Content Server di sebelah kiri 
  4. Pilih Content Server -> Configuration 
  5. Masukkan 4444 sebagai Intradoc Server Port 
  6. Expand domain instalasi WCP -> WebCenter -> Portal -> Spaces -> webcenter(11.1.1.4) lalu masuk ke Settings -> Service Configuration 
  7. Pilih Content Repository dan tekan tombol Add 
  8. Masukkan konfigurasi 
  9. Testing sukses atau tidaknya konfigurasi tadi 
  10. Restart Managed Server UCM_server1 dan WC_Spaces
  11. Masuk ke WebCenter Spaces dan pilih tab Documents. Apabila konfigurasi berhasil, maka SELAMAT!! WCC dan WCP anda sudah berhasil terintegrasi. Anda dapat mengakses dokumen WCC dari WCP anda 
Untuk konfigurasi-konfigurasi integrasi dengan Managed Server lain juga (seperti analytics dsb) dapat dilakukan juga dari layar ini. Save and remember this page! Who know how many things you can configure and solve, also how many hour you can save from searching internet through this page :)

See you in the next post!

No comments:

Post a Comment