Friday, December 19, 2014

BPEL Dynamic URL menggunakan Java Embeding

Pada kesempatan ini kita akan mencoba memanggil sebuah service dengan method get dengan URL dynamic yang kita dapat dari requerst pada BPEL dengan bantuan Java Embedding. Pada dasarnya BPEL memiliki componen berupa http binding, tetapi http tujuan harus di deklarasikan dan tidak bisa dinamis. Karena itulah kita menggunakan java embedding untuk memanggil http yang kita dapatkan dari request parameter.

Pertama kita buat new SOA project.

Kemudian kita buat sebuah synchronous BPEL proses.
Setelah membuat BPEL,akan tergenerated sebuah xsd yang berisi request dan response untuk BPEL yang barusan kita buat. Kita beri sedikit perubahan pada nama tag yang digunakan menjadi seperti di bawah ini. 

Kemudian kita tambahkan java embedding kedalam proses BPEL yang ada.





















Code java bisa langsung di tulis di dalam java embedding ataupun di buat sebagai jar dan di import sebagai library. Pada kesempatan kali ini kita akan menulis langsung code yang  akan di jalankan di dalam java embedding.

Call URL from Java Embedding


Note :  untuk mengassign variable dari java embedding kembali ke bpel proses. Variable harus terlebih dahulu di deklarasi sebelum memasuki java embedding, bisa dengan mengassign menggunakan string kosong.

Setelah itu untuk membuat XMLelement yang kita gunakan untuk mendapatkan data dari BPEL ke dalam Java Embedding,kita perlu menambahkan code berikut ke dalam source BPEL.
BPEL 1.1 :

  • <bpelx:exec import="oracle.xml.parser.v2.XMLElement"/?

BPEL 2.0 :
  • <import location="oracle.xml.parser.v2.XMLElement" importType="http://schemas.oracle.com/bpel/extension/java"/>

XML Parser for BPEL 1.0

Deploy BPEL  untuk dicoba, masukkan request URL seperti https://www.google.com

Request
Response

Sekian dan terima kasih.. 

No comments:

Post a Comment