Sunday, September 15, 2013

Implementasi UI Pada Oracle BPM

Pada post kali ini, saya hendak menjelaskan bagaimana cara implementasi UI pada BPM. Ikuti langkah dibawah ini :
  1. Pertama-tama kita buat satu bpm application baru, Pilih File->New ,  kemudian pilih BPM Tier, dan pilih BPM Project, kemudian pilih Ok.
  2. Setelah memilih Ok, maka akan keluar windows baru untuk mengisi nama project BPM yang akan dibuat. Pada kali ini saya akan membuat nama project nya Demo, kemudian pilih Next dan Pilih Composite With BPMN Process. Finish.
  3. Setelah memilih Finish, maka akan keluar windows baru untuk memberi nama process yang akan dibuat. Pada kali ini saya akan tetap memakai nama defaultnya yaitu Process, dan Process yang dipilih adalah Manual Process. Setelah itu Pilih Finish.
  4. Jika sudah memilih Finish, maka tampilan nya akan berupa sebagai berikut :
  5. Sampai sini kita sudah membuat satu Project yang bernama Demo Project dan satu Process yang bernama Process, setelah ini kita membutuhkan xsd yang digunakan dalam pembuatan UI. Cara pembuatannya sebagai berikut, klik kanan pada folder xsd yang berada dalam SOA Content, kemudian pilih new.
  6. Setelah memilih New, maka akan keluar windows baru untuk membuat gallery baru, pilih All Technologies pada tab di atas, kemudian pilih XML dan pilih XML Schema, kemudian pilih Ok.
  7. Setelah memilih Ok. maka akan keluar window untuk Create XML Schema. Beri nama file nya dengan Name.xsd, kemudian pilih Ok.
  8. Setelah selesai, maka tampilan nya akan seperti dibawah ini
  9. Pada kali ini kita akan membuat File XML sederhana yang berisikan 1 data string yang bernama Nama. Klik 2 x pada exampleElement dan ganti dengan nama.
  10. Klik kanan pada nama, kemudian pilih Set Type, dan pilih xsd:string, jika sudah save all



  11. Setelah membuat name.xsd maka kita akan membuat Business Object. Caranya ialah pilih View kemudian pilih BPM Project Navigator
  12. Setelah itu klik kanan pada Business Catalog, pilih New dan pilih Business Object

  13. Beri nama DataBO pada Business Object yang akan kita buat, kemudian klik kaca pembesar pada Destination Module, kemudian klik New dan beri nama Module nya dengan Module, kemudian pilih Module yang sudah kita buat tadi. Klik centang pada Based on External Schema, kemudian pilih tanda kaca pembesar lagi untuk mencari xsd yang sudah kita buat tadi. Lihat gambar! Jika sudah sama persis baru klik Ok. Jangan lupa untuk save pekerjaan anda!


  14. Setelah selesai, kita akan membuat Data Object. Caranya yaitu : klik Process yang sedang kita buat, kemudian liat Process Structure nya, kemudian klik kanan pada Process Data Objects dan pilih New. Beri nama namaDO, dengan type nya berupa component, browse cari NamaBO yang sudah kita buat tadi, kemudian klik Ok.

  15. Klik kanan dan pilih properties pada User Task yang sudah terauto generate pada saat kita membuat Process diawal.

  16. Pilih Tab Implementation, dan klik tanda + dibagian human task, beri nama Human Task yang akan kita buat dengan NamaHumanTask, kemudian pilih Ok, dan pilih Ok lagi

  17. Klik kanan pada User Task lagi dan pilih Open Human Task, kemudian akan muncul tab baru yang berisi informasi tentang Human Task yang sudah kita buat tadi. Kemudian pilih Data,dan pilih tanda + untuk menambah data yang kita mau, pada kali ini kita akan memilih yang Add String Parameter. Setelah itu pilih element untuk memilih dari xsd yang sudah kita buat tadi, cari xsd nya kemudian pilih nama:string, kemudian pilih Ok dan pilih Ok.



  18. Save semua pekerjaan anda, kemudian klik kanan lagi pada User Task, pilih tab Implementation, dan pilih Data Assosiation, pada tab Input, drag namaDO pada folder Data Objects ke nama yang berada di Arguments, dan pada tab Output, drag nama yang berada di folder Arguments ke namaDO yang berada di folder DataObjects, kemudian pilih Ok dan save pekerjaan anda.


  19. Klik kanan lagi pada User Task dan pilih Open Human Task, kemudian pilih Create Form dan pilih Auto Generate Task Form, Beri Nama Project UI anda dengan Nama apa saja, namun disarankan sama seperti nama Human Task yang sudah anda buat dan di tambahkan UIProject diblakangnya untuk memudahkan pencarian. Karena itu saya akan memberi nama NamaHumanTask_UIProject, kemudian pilih Ok dan tunggu sebentar untuk proses autogenerate form nya.


  20. Selesai, maka tampilan UI nya akan seperti ini : 
    Anda telah berhasil mengimplementasikan UI sederhana,

    That's all, Semoga Membantu !




No comments:

Post a Comment