Sunday, September 15, 2013

Konfigurasi dan Behavior Notifikasi Email di Oracle BPM


Blog post kali ini akan membahas bagaimana melakukan konfigurasi mail server agar mengirimkan email ke User yang terlibat dalam workflow BPM. Apabila konfigurasi telah selesai dan berjalan dengan baik, maka kita dapat mengirim notifikasi untuk setiap task yang berjalan di BPM. Notifikasi ini dapat berupa pemberitahuan ketika ada task baru yang harus dikerjakan, sebuah task selesai ataupun ketika sebuah task di-approve/reject.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka Enterprise Manager. Masuk ke farm_domain_soa anda -> User Messaging Service -> akan muncul daftar Email Driver. Klik tombol lambang pulpen di tab Configure Driver. 
  2. Layar konfigurasi akan muncul. Field yang penting yang harus diisi adalah sebagai berikut: 
     
  3. Buka farm_domain_soa -> SOA -> soa_infra -> klik kanan soa_infra -> SOA Administration -> Workflow Properties. Layar konfigurasi notifikasi untuk SOA akan muncul, masukkan From Address, Reply To Address dan Actionable Address berdasarkan data User di mail server anda. Restart Managed Server tempat SOA anda berjalan (misal soa_server1).

    Masukkan From Address, Actionable Address dan Reply To berdasarkan konfigurasi yang sesuai..
  4. Buka farm_domain_soa -> SOA -> soa_infra -> Service Engine -> Human Workflow 
  5. Layar Human Workflow Engine akan terbuka. Buka Tab yang paling kanan yaitu Notification Management -> Send Test Notification 
  6. Pop up akan terbuka dan anda dapat mencoba mengirimkan test email dengan menggunakan konfigurasi yang telah anda set di tahap 1-4. Masukkan alamat email tujuan, subject dan content emailnya. 
  7. Klik Send dan apabila berhasil, maka akan muncul Response SENT. Cek email yang dituju pada langkah nomor 6 untuk memastikan bahwa email test berhasil terkirim. Apabila sukses, maka ini menandakan bahwa konfigurasi mail server anda di BPM sudah benar.
     
    Cek hasil pengiriman email anda untuk memastikan konfigurasi yang dibuat sudah tepat.
  8. Selanjutnya akan kita coba notifikasinya melalui aplikasi real BPM. Buat sebuah aplikasi BPM (contoh sederhana dapat dilihat di salah satu post blog ini). Masukkan Human Activity dan buat Human Task-nya. Buka property dari human task tersebut, masuk ke Tab Notification 
  9. Disini, anda dapat mengatur kepada siapa saja notifikasi akan dikirimkan ketika task tersebut dimulai (Assign), selesai (Complete), error, expire dsb. 

  10. Anda juga dapat mengatur Title dari email yang akan dikirimkan. 
  11. Deploy aplikasi anda dan jalankan Human Task yang notifikasinya telah anda konfigurasi di langkah nomor 9. Cek email dari participant task tersebut, maka anda akan melihat bahwa email akan terkirim berdasarkan informasi yang anda masukkan di langkah nomor 9. 

  12. Email ini dapat anda buka, dimana isinya adalah detail dari sebuah task, baik itu form hasil inputan dan juga datanya.
That's it, anda sudah berhasil melakukan konfigurasi email di BPM :)
Semoga bermanfaat.






No comments:

Post a Comment