Thursday, September 12, 2013

Menyimpan Attachment BPM ke dalam Webcenter Content


Post kali ini akan menjelaskan bagaimana cara menyimpan attachment yang ada di Oracle BPM ke dalam Webcenter Content. Secara default, BPM telah menyediakan fungsi attachment untuk workflownya. Akan tetapi, apabila kita menggunakan default attachment BPM, file yang telah kita upload sebelumnya tidak dapat digunakan kembali apabila kita menginisiasi proses baru.
Apabila pengguna aplikasi BPM kita membuat task baru, dia harus terus menerus meng-attach kembali dokumennya, meskipun sebelumnya dia telah pernah meng-attach dokumen tersebut. Menyebalkan bukan?

Selain itu, apabila kita sudah mempunyai Webcenter Content, akan sangat membantu apabila semua dokumen yang berjalan dalam workflow BPM juga tersimpan dalam Content. Hal ini akan memudahkan dalam Reuse dokumen, mempropagasi security content ke BPM dan juga gruping dokumen. 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengintegrasikan BPM dan WebCenter Content anda:

  1. Buka Enterprise Manager untuk domain SOA anda. Buka Domain -> SOA -> soa-infra. Klik kanan soa-infra -> SOA Administration -> pilih Workflow Config. 
  2. Detil Workflow Config terbuka -> klik 'More Workflow Configuration Properties'. 
  3. Buka Workflow Config -> Human Workflow dan parameter-parameter human workflow di BPM dapat di-specify disini 
  4. Kita akan fokus pada parameter UcmIdcUrl yang merupakan parameter yang akan digunakan untuk 'menembak' alamat Content Server kita. 
  5. Klik dan masukkan alamat content server kita idc://<hostame>:4444 
  6. Next, kita set port content server kita untuk listen di port 4444. Buka Domain -> Webcenter -> Content -> Content Server -> Oracle Webcenter Content. Klik dan masukkan IP filter dan port (dalam konteks ini 4444). Restart Managed Server UCM_server anda. 
  7. Berikutnya kita membuat credential mapping di domain SOA kita. Buka weblogic domain ->  bpm_domain (nama domain anda) -> klik kanan -> Security -> Credential. 


  8. Create Map -> Masukkan WF-ADMIN-USER. Kemudian Create Key -> Masukkan WF-ADMIN-USER sebagai map, dan WF-ADMIN-CREDENTIAL sebagai key name, type = password, username = weblogic, password = password anda 
  9. Create Workflow anda. Buat Human Task dan buka tab Documents. Pastikan checkbox yang ada di tab ini dicentang, hal ini untuk menandakan bahwa Human Task yang anda buat akan menyimpan dokumennya ke Webcenter Content yang telah dikonfigurasi di langkah nomor 5. Autogenerate form untuk human task ini.
     
  10. Deploy project BPM anda dan buka BPM workspace. Klik Process yang anda buat di langkah nomor 9 dan klik tombol + di attachment.
  11. Anda dapat melihat bahwa akan ada pilihan baru untuk 'Upload file to Webcenter Content' yang mana akan menyimpan attachment anda ke dalam Webcenter Content. Selain itu, kita dapat menggunakan pilihan "Associate Webcenter Content document" untuk menggunakan kembali dokumen yang sudah pernah kita upload sebelumnya di Webcenter Content. 


    That's all guys, semoga membantu!






No comments:

Post a Comment