Monday, December 9, 2013

Webcenter Portal (Spaces) and Oracle BPM Integration - Part 1

Blok kali ini akan membahas bagaimana cara mengintegrasikan Oracle BPM Workspace ke dalam Webcenter Portal (Spaces). Apabila kita membangun aplikasi BPM yang berjalan di BPM workspace & Portal, akan terdapat 2 workspace, 1 portal dan 1 bpm workspace. Hal ini tentu tidak praktis, karena portal harusnya menjadi gerbang utama tempat user mengakses semua aplikasi, akan tetapi BPM workspace mempunyai URL sendiri yang berjalan di tempat yang berbeda dengan portal. 

Karena set up untuk proses ini cukup panjang, maka saya akan membagi blog menjadi 2 bagian. Bagian 1 ini akan menjelaskan persiapan yang diperlukan sebelum integrasi. Perlu diingat bahwa meskipun ini namanya 'Persiapan' dan terdengar sepele, tapi tahap ini harus dikerjakan terlebih dahulu agar tahap berikutnya dapat berjalan.

Problem:
  • Webcenter Portal dan BPM sudah terinstall, tapi memiliki URL yang berbeda. Akses ingin dilakukan melalui 1 gerbang yaitu Webcenter Portal.


Solution:
  • Menggabungkan workspace BPM ke dalam Webcenter Portal

Result:
  • User dapat mengakses BPM workspace melalui portal. Seluruh capability workspace BPM seperti inbox, initiate Process, Approve, Reject dsb dapat dilakukan melalui Webcenter Portal.
  • BPM composer juga dapat berjalan di Portal

Prerequisite:
  • Webcenter Portal, Oracle BPM dan Webcenter Content sudah terinistall (tutorial ini menggunakan versi 11.1.1.7 untuk ketiga sistem)
  • Basic knowledge untuk navigasi ke halaman-halaman administrasi masing-masing komponen diatas :)
Untuk memungkinkan hal diatas di portal, ikuti langkah-langkah dibawah ini. PENTING: langkah-langkah ini harus diikuti step by step sebelum anda masuk ke bagian inti yang saya jelaskan di Part 2.

1. Kita mulai dari webcenter Content. Buka Advanced Component Manager -> show All Components


2. Di bagian Disabled Components, klik Enable untuk komponen Folders_g
3. Lakukan hal yang sama untuk komponen WebCenterConfigure
4. Pastikan 2 komponen diatas masuk ke bagian Enabled Components berikut komponen dibawah:
- Dynamic Converter
- InboundRefinerySupport
- ZipRenditionManagement
5. Buka Applet User Admin. Add User baru dengan Authorization Type = Local dan nama PersonalSpaces
6. Untuk User tersebut, buat juga Role baru dengan menekan tombol Add Role
7. Beri nama PersonalSpaces untuk Name dari role baru tersebut
8. Lakukan Step 5-7, beri nama user dan role-nya ProcessPortal
9. Add Role = Process Portal
10. Masuk ke weblogic server /console. Masuk ke security realm yang anda gunakan. Buat Group baru dengan nama ProcessPortalUser
11. Masuk ke weblogic server /em. Masuk ke farm domain anda, navigasi ke instance Content Server anda. Masukkan filter IP address yang sesuai, dan masukkan Intradoc Server anda. Dalam contoh ini saya menggunakan 4444
12. Masuk ke instance Webcenter Portal anda. Add Repository Connection ke Webcenter Content dengan memasukkan detail berikut. PENTING!! Server Port harus sama dengan nilai yang anda masukkan di tahap 11.

13. Restart Admin Server, SOA Server dan Spaces anda.

Oke. Tahap persiapan sudah selesai :)
Untuk lanjut ke tahap inti dari integrasi, kita akan lanjut ke blog berikutnya: Webcenter Portal (Spaces) and Oracle BPM Integration - Part 2.
Selamat Mencoba!


No comments:

Post a Comment