Tuesday, March 15, 2016

FTP & SFTP Server Portable

Pada kali ini saya akan mengenalkan sebuah tools yang pernah saya gunakan pada OS Windows.
Sebagai penghuni dunia IT konsultan, mungkin ada saatnya akan mendapatkan requirement dari client untuk membuat aplikasi yang bisa terintegrasi dengan sistem internal lain yang sudah berjalan, dan cara integrasinya mungkin saja menggunakan FTP/SFTP.
Sebelum pembahasan lebih lanjut mari bahas sedikit pengertian dari FTP/SFTP.

FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mengupload dan/atau mendownload file antara client dan server. Authentikasi pada FTP menggunakan username dan password yang dikirim ke server secara plain (tidak terenkripsi). Begitu juga dengan proses pengiriman file nya yang tidak terenkripsi.

SFTP (Secure File Transfer Protocol) adalah fitur gabungan antara FTP dan SCP (Secure Copy). Protokol ini mengkombinasikan fleksibilitas FTP dan keamanan dari SCP. Protokol ini mengenkripsi komunikasi data anda dengan memberikan standard keamanan yang lebih baik dan membantu anda dalam mengamankan data anda dari "pencuri" data.

Untuk pengguna biasa FTP masih bisa di terima sebagai media transfer file sehari-hari. Tetapi untuk penggunaan pada client enterprise biasanya mereka menggunakan SFTP sebagai standar nya.

Dalam fase development para programmer tentunya perlu untuk melakukan testing dari hasil codingnya. Bila kita menggunakan server terpisah maka akan repot karena perlu login melalui FTP client untuk melihat file yang sudah dikirim. Maka pastilah akan dicari cara agar SFTP server bisa berjalan di localhost. Saya yang pada saat itu menggunakan OS Windows berusaha untuk mencari SFTP server yang tidak perlu di install dan akhirnya menemukannya pada http://www.coreftp.com/server/

Harap diperhatikan bahwa untuk SFTP server yang portable bukanlah yang ada pada link yg mengandung kata 64-bit atau 32-bit. Tetapi ada pada bagian agak kebawah apabila kita scroll:


atau direct link nya adalah : http://www.coreftp.com/server/download/msftpsrvr.exe

Setelah beres didownload dan dirunning penampakannya adalah seperti berikut :


Terdapat beberapa field yang perlu diisi untuk konfigurasi.
User : user yang akan login
Password : password user login
Port : setting port yang akan digunakan
Root Path : lokasi direktori folder yang akan digunakan sebagai root direktori SFTP server

Untuk merunning mini SFTP server kita tinggal klik tombol start saja.

No comments:

Post a Comment