Tuesday, December 15, 2015

Oracle BPM Composer 12c - Create Process, Simulation, Deployment Part 1

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja mencoba membuat BPM Process versi 12c, namun tidak seperti biasa yang menggunakan IDE Jdeveloper untuk mendevelop nya, tapi menggunakan BPM Composer yang baru di release di versi 12c yang bisa diakses melalui web browser.

Langsung saja kita buka Host:Port/bpm/composer/faces/login.jspx, sebagai contoh saya membuka link, psworkshop:7001/bpm/composer/faces/login.jspx. Kali ini saya login menggunakan jstein atau kalian bisa login menggunakan user apapun yang telah terbuat. 


Setelah login, kalian bisa melihat beberapa hal diantara nya yaitu Spaces,BPM Project, dan BA Project. Kita buat BPM Project baru dengan memberi nama Nostra Demo. Spaces yang digunakan saya menggunakan Workshop Solution, atau kalian bisa membuat spases baru.


Setelah selesai membuat Project BPM yang bernama Nostra Demo, kemudian double klik pada project tersebut. Kemudian buat process baru dengan memberi nama NostraDemoProcess.


Jika sudah buka process yang sudah kita buat, kemudian akan terlihat tampilan yang ada seperti di Jdeveloper. Kita buat simple process seperti dibawah ini.


Jika sudah membuat seperti flow di atas, langkah selanjutnya kita akan membuat human task dengan cara klik kanan pada task yang akan kita buat kemudian pilih implement. Kemudian klik tombol add dan beri nama human task nya. Saya memberi nama InputDataHumanTask pada task Input Data dan ApprovalHumanTask pada task Approval. Jika sudah jangan lupa klik Apply.





Kita sudah membuat human task, langkah selanjutnya kita akan membuat UI form baru yang sudah di implemen di dalam BPM 12c. Buka masing-masing human task yang sudah kita buat dengan cara klik kanan pada task yang akan kita buka human task nya, kemudian pilih open human task. Jika sudah maka kalian bisa melihat Presentation dibagian bawah, ganti Type nya menjadi Web Form. Kemudian klik tombol Add dan beri nama Form nya InputDataForm kemudian pilih create. 


Klik edit pada form yang sudah kita buat untuk masuk ke dalam UI Composer nya.


Kita buat simple form yang menggunakan field text yang kita beri nama Name, field money yang kita beri nama Amount, dan field Dropdown yang kita beri nama Claim Type. Pada bagian Claim Type, jangan lupa mengganti value dari list dropdown dengan cara masuk ke dalam property dropdown tersebut dan ganti isi dari Options seperti gambar dibawah.


Kita sudah membuat satu UI untuk input data dan kita re-use UI tersebut pada Approval Task. Buka human task pada Approval Task, kemudian dibagian Presentation ubah menjadi Web Form dan klik tombol search. kemudian pilih InputDataForm yang sudah kita buat tadi.


Langkah selanjut nya kita akan melakukan data mapping, sebelum masuk ke bagian itu, kita akan terlebih dahulu membuat data object untuk menampung variable yang sudah kita isi pada web form. Klik Data Object, kemudian pilih Add dan pilih Process Data Object. Apa sih bedanya Process Data Object dan Project Data Object? Process Data Object hanya bisa diakses pada Process itu saja, namun jika kita membuat Project Data Object, semua process yang ada pada project yang kita buat bisa akses variable yang kita declare di Project Data Object.



Beri nama Data Object yang akan kita buat dengan inputDO, dengan Type nya Object dan pilih Business Object hasil generate dari Form yang sudah kita buat, dalam kasus ini Types.Forms.InputDataForm. Kemudian pilih OK. Lalu kita buat 1 Data Object baru dengan nama outcome, dan Type nya String.


Selanjutnya klik kanan pada task yang akan kita buat Data Association untuk InputData Task, kemudian pilih Data Association. Drag and drop inputDO yang berada pada Data Object ke dalam bagian inputDataForm yang berada di dalam Outputs. Jika sudah pilih Apply.

 

Selanjutnya kita buat Data Association untuk Approval Task. Drag and drop inputDO yang berada pada Data Object ke dalam bagian inputDataForm yang berada di dalam Inputs. Lalu Drag and drop inputDO yang berada Data Object ke dalam bagian inputDataForm yang berada di dalam Outputs serta drag and drop outcome yang berada pada Data Object ke dalam bagian output yang berada di dalam Outputs. Jika sudah pilih Apply.





Selanjut nya kita akan meng-set Condition pada exclusive gateway yang sudah kita buat. Klik kanan pada bagian conditional line kemudian pilih implement. Pilih outcome kemudian klik Insert Into Expression kemudian tambahkan == "REJECT" atau kalian bisa langsung membuat dengan mengetik outcome == "REJECT" .  Jika sudah pilih Apply.



Pada bagian Service Task, kita akan membuat Service Task tersebut menjadi draft terlebih dahulu agar kita bisa menjalankan process simulation nya. Klik kanan pada service task tersebut kemudian pilih implementation, kemudian centang pilihan Is Draft lalu klik Apply.



Untuk sekarang kita sudah selesai membuat NostraDemoProcess, pada blog selanjutnya kita akan memulai Proses Simulation & Deployment nya.

Semoga membantu !

No comments:

Post a Comment