Tuesday, December 15, 2015

Oracle BPM Composer 12c - Create Process, Simulation, Deployment Part 2

Pada kesempatan sebelum nya kita sudah membuat NostraDemoProcess. Kali ini kita akan melanjutkan dengan membuat Simulation & Deployment nya.

Klik Play pada NostraDemoProcess. Kemudian buka tab Project Player dan pada bagian Organization kita akan meng-assign orang yang sesuai dengan Role yang sudah kita buat, pada kasus ini kita akan meng-assign jstein sebagai Manager & jcooper sebagai Employee.




Jika sudah, buka kembali tab NostraDemoProcess. Klik Start pada process tersebut. Tunggu beberapa saat, maka proses akan bergerak ke dalam Input Data Task, lalu klik Task tersebut maka akan terbuka popup yang berisi info user yang bisa mengakses form tersebut. Karena tadi kita hanya meng-assign jcooper, maka yang muncul hanyalah jcooper saja. Klik Run, kemudian pilih Launch Form.



Jika Form UI nya sudah terbuka, isi data nya kemudian pilih Submit.


Proses akan berlanjut pada Approval Task. Klik Approval Task kemudian pilih Run & pilih Lauch Form. Disini kita bisa lihat data yang sudah kita masukkan pada Form InputData sudah termapping ke dalam Form Approval. Jika sudah pilih Approve. Maka process sudah berhasil melalui conditional branch yang sudah kita buat.




Sampai step ini, proses simulation sudah selesai dilakukan. Selanjutnya kita akan mendeploy project. Namun sebelum itu kita akan mempublish apa saja yang sudah kita lakukan sebelum nya. Pilih Project Home kita, kemudian pilih Publish. Isi keterangan hal apa saja yang sudah kita lakukan kemudian klik Publish.



Jika sudah, klik icon seperti bundaran dibawah tulisan Oracle Business Process Composer lalu pilih Deployment > Deploy Project.

Isi Version, New Version ID serta username & password weblogic. Kemudian pilih Deploy.


Untuk mengecek apakah benar project ini sudah terdeploy atau belum , kita buka bpm workspace dan login sebagai user yang tadi mempunyai role sebagai employee, dalam kasus ini jcooper. Kita lihat pada bagian Applications disana terdapat NostraDemoProcess yang sudah kita buat dan ini menandakan kalau proses deployment nya sudah berhasil.



Kesimpulan : BPM Composer memudahkan bisnis analis ikut bagian dalam pembuatan workflow bahkan memungkinkan terjun langsung membuat sendiri seperti apa flow yang mereka inginkan. Tidak seperti versi sebelum nya, di versi 12c ini amat memudahkan dalam proses kolaborasi dengan berbagai pihak serta sudah mengadopsi Web Form yang lebih mempercantik UI dibanding dengan menggunakan ADF.

Sekian dari saya.
Semoga membantu !



No comments:

Post a Comment