Sunday, December 18, 2016

Edit dan delete kolom pada tabel sesuai index

Dari judul di atas kita sudah tahu apa yang akan di bahas. Yup, kita akan membahas tentang index pada tabel. Ketika kita membuat sebuah tabel dan di salah satu data akan kita ubah atau hapus, apa yang harus kita lakukan? Sedangkan data tersebut tidak masuk dalam database, yang terjadi adalah satu data di ubah semua ikut berubah atau satu data di hapus semua ikut terhapus. Lalu bagaimana?

Index. Mengapa index? karena index adalah urutan dari awal data di buat sampai yang terakhir. Kemudian bagaimana kita mengubah data atau menghapus data menggunakan index?
Let's try it !!



Pada button edit kita memanggil fungsi edit dan menyertakan index dari tabel tersebut, begitu pula pada button delete. 


Fungsi edit di panggil di dalam controller, kemudian karena contoh yang ada menggunakan modal atau pop up list view dari angularjs, maka  index yang terpilih akan di kirim pula ke controller modal dengan nama variable arraylist. Untuk mengetahui cara memakai modal atau pop up list view pada angular dapat melihat blog sebelumnya 

Maka akan tampil di modal data yang ingin kita ubah, setelah melakukan perubahan data di kirim kembali ke fungsi edit. Hasil perubahan tersebut di tampung oleh variable request, kemudian list data pada tabel di panggil kembali dengan menyertakan variable request yang berisi perubahan pada index tertentu.

Sedikit berbeda dengan delete, 


Ada yang berbeda di sana, yaitu hasil pengembalian dari modal. Jika sebelum nya pada edit list data tabel di panggil kembali dan menyertakan variabel penampung perubahan, maka di delete perlu ada tambahan fungsi yaitu splice, di mana fungsi dari splice tersebut menghapus index dari yang kita pilih dan mengurutkan kembali urutannya dan kemudian memanggil kembali list data tabel yang sudah di hapus dan di urutkan kembali.

Terlihat mudah bukan?? Nah, selamat mencoba..
keep trying and dont give up :D

No comments:

Post a Comment