Sunday, June 18, 2017

Cockpit - Interaktif Interface untuk Server Admin

Beberapa waktu lalu saya sedang mencari penyelesaian solusi dan pada komentar pembahasan ada yang menjelaskan bahwa ada software simple untuk mengelola server bernama cockpit, setelah saya coba menggunakan ternyata software ini membantu bagi kita yang ingin mengelola server linux dengan interaktif.

Cockpit adalah software yang free dengan fungsi untuk mengelola linux server dari web browser dengan mudah. Melalui penjelasan tersebut saya rasa sudah cukup jelas fungsinya. Dengan cockpit kita dapat start/stop/restart service, ganti hostname dan memonitor disk, cpu, network traffic dan beberapa fitur lainnya. Tidak lupa, di cockpit ini juga menyediakan interface layaknya terminal sehingga bila kita sudah login di web cockpit kita tidak perlu membuka terminal dan ssh ke target tapi cukup menggunakan terminal window yang disedian oleh software cockpit.

Berikutnya bagaimana cara menginstal cockpit, cara menggunakan juga tampilan serta fitur yang ditawarkan.

Pada skenario ini saya menginstall cockpit pada sistem operasi ubuntu server dengan spesifikasi berikut:
- IP: 192.168.56.121
- Akun root : root/password1
- Akun user : zoro/password1

Untuk menginstall instruksikan command berikut :
sudo apt-get update
sudo apt-get install cockpit

Setelah selesai terinstall maka buka browser dan akses alamat alamat IP cockpit dengan port default 9090.
url : https://192.168.56.121:9090/

Pada halaman login, masukkan username/password user pada ubuntu. Sekedar informasi bila ingin memonitoring performa server saja maka dapat dilakukan dengan akun user biasa, namun bila ingin mengelola service dengan mudah atau ganti hostname maka perlu login dengan root user.

Halaman beranda setelah login
Pada halaman beranda ini kita dapat mengganti hostname, restart/shutdown dan melihat current status dari cpu, memory, disk, serta network traffic.


Halaman Logs
Pada halaman ini pengguna dapat melihat log terbaru dari status errors, warnings, notices.


Halaman Storage
Pada halaman ini pengguna dapat melihat informasi detail tentang storage server, dan bila ingin informasi lebih spesifik dan detail lagi dapat meng-klik pada opsi di dalam jendela filesystems, raid devices, drivers, dan other devices.


Halaman accounts
Pada halaman ini ditampikan daftar user yang ada pada sistem operasi dan button untuk membuat user baru.


Halaman services
Pada halaman ini ditampilkan daftar service yang terinstall, sedang aktif dan sedang non-aktif. Disini kita dapat start/stop/restart/reload service.


Halaman terminal
Pada halaman ini pengguna dapat mengeksekusi perintah-perintah pada terminal linux server tanpa harus ssh ke linux server melalui terminal laptop pengguna. Mudah bukan?

Demikianlah artikel ini saya buat, semoga bermanfaat dan mudah dipahami oleh pembaca. :)


Referensi:
- http://cockpit-project.org/
- https://github.com/cockpit-project/cockpit

No comments:

Post a Comment