Sunday, June 18, 2017

OSB Handle Error Access-Control-Allow-Origin

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara menghandle error Access-Control-Allow-Origin yang muncul ketika kita mengexecute REST Service yang sudah sudah selesai dibuat dari OSB. Gejalanya jika kita test dari enviroment OSB maupun Postman, error ini tidak akan muncul karena yang 1 berada dalam 1 enviroment dengan servicenya, dan Postman sudah mempunyai plugin bawaan untuk menghandle error tersebut. Jadi jika kita harus manual menambahkan pada service OSB yang sudah kita buat.

Error ini muncul karena kita tidak menambahkan header Access-Control-Allow-Origin. Untuk mengatasinya, kita cukup membuat Transport Header dan menambahkan header Access-Control-Allow-Origin yang valuenya di set *. Artinya kita mengallow semua origin bisa mengakses service itu.

Selain Access-Control-Allow-Origin kita juga harus memperhatikan header Allow, Content-Type serta Access-Control-Allow-Headers. Jadi sebaiknya jika kita menambahkan Access-Control-Allow-Origin jangan lupa untuk menambahkan 3 header lain nya. Untuk pengisian nya bisa melihat gambar dibawah.

Trasport Header yang kita buat harus berada di dalam Flow request response service itu.
Mudah bukan? Namun jika kita lupa, service OSB kita akan menjadi sia sia.
Semoga membantu !


No comments:

Post a Comment