Sunday, March 15, 2015

Primefaces mendapatkan ID component

Pada blog hari ini saya akan menulis tentang Primefaces. Pada saat kita menggunakan komponen data seperti datagrid, datatabel, datalist dll dan sayangnya pada komponen data primefaces selalu men-generate id otomatis ke setiap komponen didalamnya. Padahal untuk kasus tertentu kita membutuhkan id tsb untuk diolah sesuai dengan kebutuhan kita. 

Nah dalam blog kali ini saya akan memberi tips untuk menyelesaikan masalah tersebut :D.

Berikut saya memiliki contoh menampilkan data menggunakan datatable component :




Pada gambar diatas saya menggunakan komponen outputtext untuk menampilkan data manufacturer ID dan mendefinisikan id komponen tersebut. Mari kita lihat dibrowser apakah id-nya sesuai dengan keinginan kita .

Dan primefaces men-generate id menjadi j_idt5:t1:0:_id . Untuk menyelesaikan kasus ini saya membungkus component primefaces dengan native html yaitu <div> serta sedikit menggunakan javascript. Berikut solusinya : 


JavaScript Code :


Ide dasar pada gambar diatas adalah setiap user klik tombol button akan memanggil method javascript yang berfungsi mencari id yang ada didalam <div>. Jika id ditemukan akan memanggil remote command component untuk mempassing value ke bean. Mari kita coba :


Pada gambar diatas ketika saya klik button onClick maka kita akan mendapatkan id j_idt5:t1:0:_id. :)


Sekian blog dari saya semoga bermanfaat :D







No comments:

Post a Comment