Monday, June 22, 2015

Mendefinisikan Organizational Unit di Oracle BPM

Dalam Oracle BPM, kita biasanya menggunakan Role untuk melakukan assignment sebuah task. Sebagai contoh, proses berikut memiliki activity Input Data dan Put Attachment. Dalam swimlane, pelaku/assignee dari task tersebut adalah Role Finance. Seluruh orang dalam role Finance akan menerima dan dapat melakukan action (Approve, Submit, Reject). Kelemahannya adalah seluruh orang dalam Role Finance akan mendapat assignment tersebut, padahal belum tentu semua orang diijinkan untuk melakukan action terhadap assignment tersebut.


Sebagai contoh, dalam role Finance, akan ada breakdown Staff, Manager, GM dan Director. Tentunya hak akses Staff dan GM dapat berbeda, dan sangat tidak efektif apabila kita mendefinisikan role tambahan Staff Finance, Manager Finance dsb untuk meng-cater kebutuhan akses ini. Untuk itulah kita menggunakan Organizational Unit, dimana sebuah role dapat dibagi lagi hak aksesnya ke bagian yang lebih kecil.

Blog ini akan menjelaskan bagaimana cara mendefinisikan OU dalam BPM.

1. Masuk ke <<host:port>>/bpm/workspace, log in sebagai Administrator. Buka tab administration.


2. Pilih Organizational Unit hingga layar berikut terbuka. Layar ini menampilkan OU yang telah kita definisikan, dan tempat mem-manage OU (create, edit, delete). Klik Create New -> Masukkan nama OU.


 3. Kita akan mendefiniskan OU Manager dengan childnya Staff.



 4. Di layar sebelah kanan, kita dapat menentukan siapa saja yang termasuk dalam OU Manager/Staff. Dalam kotak Members, klik tanda + hingga layar Select Member terbuka. Pilih member yang sesuai untuk OU tersebut.



5. Di step terakhir, anda dapat melihat seluruh OU yang telah didefinisikan dan dapat melakukan perubahan yang diperlukan. Misal: apabila terjadi mutasi jabatan karyawan, karyawan yang resign, kita dapat melakukan adjustment yang diperlukan, dan secara otomatis Task yang relevan akan diassign ke pengganti dari user tersebut.


Dalam blog berikutnya saya akan menjelaskan cara menggunakan OU dalam pembuatan aplikasi BPM di Jdeveloper.

No comments:

Post a Comment