Monday, June 22, 2015

Why Go Programming ? (Not Java)

Mungkin ini selalu terbesit di benak kita apabila kita belajar Go. Apa yang membedakan Go dibandingkan bahasa pemrograman yang lain. Karena saya dari Java Programmer, saya selalu membandingkan Java dengan Go. Apa sih kehebatan Go dibanding dengan Java.

Mari kita bahasa dari :
  • Object Oriented Programming
  • Concurrent
  • Library and Tools
  • Performance

Object Oriented Programming
Semua orang mengenal Java as Object Oriented Programming. Dan biasanya selalu meng-anak tirikan Functional Programming atau Procedure Programming. Itulah yang ada di benak sebagai orang, termasuk saya.
Cemen kalau loe gak pake OOP. Yups, sekali lagi itulah yang ada di benak saya. Hingga akhirnya saya mempelajari Go dan mengambil keputusan, apa salahnya dengan function programming.
Ya, apa salahnya dengan functional programming. Go bisa dibuat seperti OOP namun dia sendiri tidak mempunyai class. Yang di pakai di Go adalah struct, sama seperti C.

Concurrent
Nah inilah kelebihan dari Go, karena dia sudah dilengkapi dengan concurrent. Dengan adanya concurrent kita bisa memanfaatkan core dari processor dengan optimal.
Lalu apakah Java tidak ada concurrent ? Tentu di Java ada, namun saya sendiri belum mencoba apakah concurrent di Java lebih baik atau sebaliknya.

Library and Tools
Untuk ini Java lebih bagus, karena library and tools lebih banyak. Secara Java sudah ada lebih dulu di bandingkan Go. Terlebih lagi Java di dukung oleh komunitas dan vendor-vendor besar seperti IBM, HP, Oracle dan lain-lainnya. Bagi programmer Go jangan berkecil hati, karena library Go cukup banyak.

Performance
Untuk yang ini menurut saya pribadi Go lebih baik. Karena Go berjalan langsung di atas OS, tidak seperti Java yang berjalan di atas Virtual Machine. Walaupun Java VM di claim performance nya tidak jauh berbeda dengan native.

Banyak hal lagi yang bisa kita bahas disini, namun dari semua itu saya mengambil kesimpulan "Language just a tools to solve the problem". Yups, apapun bahasa pemrogramannya mereka semua adalah alat yang kita gunakan untuk memecahkan masalah.

Untuk saya pribadi Go merupakan salah satu bahasa pemrograman terbaik dan layak kita gunakan untuk production melihat performance cukup bagus.

No comments:

Post a Comment