Saturday, June 13, 2015

Validasi XSD pada BPEL Menggunakan Mediator


Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai memvalidasi inputan pada bpel. Pada saat kita membuat xsd pada bpel sering kali kita sudah menentukan data-data yang diinginkan, semisal dengan menentukan sebuah element bertipe data date, integer , ataupun menentukan element tersebut mandatory atau tidak. Pada saat kita mengetes melalui Oracle Enterprise Manager(OEM atau EM) , request kita akan tervaldiasi sesuai dengan apa yang kita setting pada xsd, tetapi bila kita menggunakan soap ui element" tersebut dapat kita isi apa saja dan akan tetap masuk ke dalam proses bpel yang ada. Seperti terlihat pada gambar di bawah, sekalipun memasukkan a pada element yang merupakan integer bpel tetap dapat menerima dan memprosesnya.
a sebagai integer tetap dapat masuk kedalam bpel

OEM akan memvalidasi inputan dari user
Hal tersebut sangat merepotkan karena tentunya dapat menyebabkan kesalahan data dalam pemprosesan maupun penyimpanan. Apabila harus mengecek setiap data dalam xsd tersebut, tentunya sangat tidak memungkinkan apabila terdapat banyak data d dalamnya. Setelah mencari-cari, akhirnya saya menemukan fitur yang dimiliki oleh mediator yang berfungsi untuk memvalidasi xsd sebelum nantinya akan di gunakan dalam proses bpel.

Cara menggunakan mediator pada bpel anda sangat mudah. Pertama-tama perlu dibuat component mediator terlebih dahulu. 

membuat mediator


Kemudian menghapus koneksi antara bpel dengan xsd yang di ekspose sebagai service. Tidak perlu ragu, apabila ditanyakan kepastian untuk mendelete, segera konfirmasi dengan yakin.
Delete Koneksi


confirmasi dengan yes

Setelah selesai mendelete sambungan antara xsd dengan bpel, Saatnya membuat sambungan baru, sambungan yang akan kita buat adalah xsd - mediator - bpel . Karena itu pertama tarik sambungan dari xsd ke arah sebelah kiri mediator, kemudian tarik sambungan dari sebelah kanan mediator ke sebelah kiri bpel.
xsd ke mediator
mediator ke bpel

Setelah selesai membuat sambungan, double klik pada mediator. Akan terlihat tampilan seperti di bawah. centang bagian validate Syntax(XSD) yang berada di bawah Routing Rules.
Centang Validate Syntax(XSD)
Yap,sudah selesai. Mediator sudah terpasang pada bpel anda tanpa merusak bpel yang sudah ada :D
Dan apabila di coba menggunakan soapUI. Respose yang didapat akan seperti di bawah ini, kita akan mendapatkan informasi data yang salah dan berada di element yang mana sehingga akan lebih informatif.

Invalid XSD divalidate oleh Mediator

Sekian dulu mengenai validasi xsd pada kesempatan kali ini. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment