Monday, June 22, 2015

Menggunakan Organizational Unit (OU) untuk Assignment User

Melanjutkan post sebelumnya tentang Organizational Unit (OU), sebelumnya kita membahas bagaimana cara membuat Organizational Unit di BPM. Dalam post kali ini, saya akan membahas bagaimana cara menggunakan/memanfaatkan OU ini dalam pembuatan aplikasi di BPM.

1. Buat aplikasi BPM anda di JDeveloper. Dalam aplikasi saya, akan terdapat sebuah swimlane dengan 2 User Activity: Input Data dan Put Attachment dengan Role assignment Finance. Apabila kita men-deploy aplikasi ini, task Input Data dan Put Attachment hanya akan dapat dilakukan oleh user-user dengan role Finance. 


2. Kita akan mencoba meng-assign task Put Attachment hanya pada user Finance dengan OU Manager. Klik kanan pada task Input Data -> Properties -> Implementation -> Data Association hingga layar berikut terbuka.




 3. Di layar Data Association, Pilih Output. Drag tombol 'fx' di kanan atas ke organizationalUnit. Masukkan OU yang akan diassign. Disini, setelah task Input Data selesai, BPM akan mengassign value ini ke dalam field Organizational Unit. Engine BPM akan membaca value ini, kemudian meng-assign task berikut hanya user dengan Organizational Unit yang ditentukan.


4. Sebagai contoh, kita akan mengassign task tersebut pada role Finance dengan OU Manager, maka definisikan value "Manager" pada Data Association -> Organizational Unit.


5. Sebagai contoh, kita akan mengassign task tersebut pada role Finance dengan OU Staff, maka definisikan value "Manager/Staff" pada Data Association -> Organizational Unit.


6. Yang paling penting adalah untuk mengosongkan value OU apabila task berikutnya tidak memerlukan OU lagi. Assign value "" pada OrganizationalUnit sebagai berikut. Hal ini harus dilakukan, karena apabila anda lupa mengosongkan OrganizationalUnit, value tersebut akan terus terbawa sepanjang Process berjalan sehingga mengacaukan assignment dari task-task anda.


Silahkan deploy aplikasi anda berdasarkan sample diatas. Sesuaikan value2 OU berdasarkan kebutuhan anda. Semoga membantu!

No comments:

Post a Comment