Wednesday, June 15, 2016

Format Penulisan Pada Angular2

Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas mengenai Angular2. AngularJs akhirnya merilis Angular 2 pada pertengahan tahun 2016( status saat ini masih beta 17). Sayangnya Angular 2 bukan merupakan upgrade dari Angular 1 melainkan merewrite Angular 1 menjadi framework yang baru. Angular2 melakukan beberapa perubahan seperti yang sangat signifikan adalah mengganti 2 component utama Angular 1 yaitu controller dan $scope dengan component dan directives, modularity, dependency injection, service, serta template.

Selain itu pada Angular2, angular menyediakan 3 macam format penulisan. Typescript, Javascript, dan Dart. Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas apa saja 3 macam format penulisan pada angular2.

3 macam format penulisan pada AngularJS 2: 

  • Typescript
    Typescript merupakan penulisan yang di sarankan oleh angular2. Typescript sendiri merupakan bahasa yang dgunakan untuk membangun Angular2. Typescript atau dikenal dengan Microsoft's Typescipt adalah Javascript yang memiliki fitur tambahan seperti object oriented programming, lambda, dan beberapa hal lainnya. Typescript sendiri biasa digunakan untuk menghandle project besar yang sulit dimaintenance apabila menggunakan Javascript.
    Dengan menggunakan Typescript maka file component dan master file akan memiliki extensi .ts.
    Berikut adalah struktur dasar apabila menggunakan format typescript : 
         Terlihat disana ada beberapa file :
    • app.component.ts : File ini merupaka root component. Dalam sebuah aplikasi angular, setidaknya harus ada 1 root component. Standarnya root component disebut sebagai AppComponent.
    • main.ts : File ini berfungsi memberitahu angular untuk mengeload component yang dibutuhkan.
    • package.json : Seperti namanya, file ini berisi package- package yang dibutuhkan oleh apps untuk menjalankan fungsinya.
    • systemjs.config.js : File ini merupakan file config untuk SystemJS. SystemJS digunakan untuk membantu load library yang dibutuhkan. SystemJS hanyalah salah satu alat bantu dan dapat diganti dengan library management lainnya.
    • tsconfig.json : File ini merupakan file config untuk Typescript compiler 
    • typings.json : File ini merupakan file definition yang berisi identity dari Typescript yang digunakan
    • index.html : Master html tempat semua script di daftarkan dan aplikasi ditulis
  • Javascript
    Javascript merupakan bahasa pemprograman yang cukup terkenal di dunia pemprograman web. Angular menggunakan Javascript menjadi salah satu format yang dapat digunakan pada Angular2. Pada format penulisan javascript file yang akan digunakan akan memiliki extensi .js seperti yang terlihat pada gambar. Apabila anda pecinta javascript dan bersedih karena sebelumnya angular membuat coding web tanpa perlu menyentuh javascript. Maka Javascript format pada Angular2 merupakan jalan kebahagiaan.











            Terlihat disana ada beberapa file :
    • app.component.js : Sama halnya seperti pada Typescript format. Merupakan root component pada angular apps.
    • main.js : Sama halnya seperti pada Typescript format. File ini berfungsi memberitahu angular untuk mengeload component yang dibutuhkan.
    • package.json : Seperti halnya seperti pada Typescript format, file ini berisi package- package yang dibutuhkan oleh apps untuk menjalankan fungsinya.
    • index.html : Master html tempat semua script di daftarkan dan aplikasi ditulis
  • Dart
    Dart merupakan class based oriendted programming yang dikembangkan untuk membangun website, server dan mobile apps. Pada format penulisan Dart, Angular telah mengemas javascript menggunakan Dart dan menyediakan fiturnya dengan cukup lengkap sehingga lebih mudah digunakan untuk memulai memahami konsep angular2. Tetapi dikarenakan pada dasarnya Angular menggunakan Dart untuk membungkus Javascript, Dart format memiliki keterbatasan seperti membuat user harus menghafalkan format- format yang ada sehingga tidak direkomendasikan untuk project dengan skala besar dan kompleks.
             Terlihat disana ada beberapa file :

    • app.component.dart : Sama halnya seperti pada Typescript format. Merupakan root component pada angular apps
    • main.dart : Sama halnya seperti pada Typescript format. File ini berfungsi memberitahu angular untuk mengeload component yang dibutuhkan.
    • pubspec.yaml : Merupakan file yang mendeklarasikan angular dan browser package yang digunakan sebagai dependency. Angular masih melakukan perubahan untuk format file ini pada masa beta status saat ini. 
    • index.html : Master html tempat semua script di daftarkan dan aplikasi ditulis
Setelah mengetahui 3 macam penulisan pada AngularJs. Kita bisa menentukan format yang mana yang ingin dan cocok kita gunakan pada project yang akan dibuat serta kemampuan anggota team yang ada.
Semoga Tulisan ini dapat membantu. Happy Coding :D

No comments:

Post a Comment