Sunday, September 18, 2016

Oracle Fusion Middleware Enterprise Deployment Guide 11g vs 12c

Pada tahun 2013, saya mulai mengaplikasikan Oracle Enterprise Deployment Guide [1][2][3][4] untuk beberapa produk Oracle Fusion Middleware 11g di salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia dan di salah satu badan pemerintahan DKI Jakarta. Pada saat itu saya berkesempatan mengimplementasikan topologi high availability yang direkomendasikan Oracle untuk kali pertamanya pada produk Oracle SOA Suite, Oracle WebCenter Suite, dan Oracle Access Management. Cukup berat pertama kali mempelajarinya karena jumlah halaman yang mencapai ratusan dan navigasi khas Oracle yang "lompat-lompat", namun kondisi obsessive compulsive disorder (OCD) yang saya miliki membuat saya terus ingin berusaha mempelajari setiap halaman dari guide tersebut dan mencoba untuk mengimplementasikannya dengan benar. Ketika salah satu dokumentasi sudah dipahami, ternyata dokumentasi untuk produk yang lain tidak jauh berbeda polanya sehingga dapat lebih cepat dipahami.

Kurang lebih 3 tahun telah berlalu, dan kali ini saya diberi kesempatan lagi untuk mengimplementasikan high availability architecture pada produk Oracle SOA Suite dan Oracle WebCenter Suite namun kali ini di rilisnya yang terbaru yaitu rilis 12c di salah satu instansi pemerintah yang besar. Kebetulan dokumentasi untuk rilis 12c juga sudah terbit bersamaan dengan jalannya project. Walaupun ada juga seperti WebCenter Portal yang statusnya masih beta dokumentasinya. Tidak seperti 3 tahun  yang lalu, kali ini saya merasa lebih mudah untuk mempelajari dokumentasinya. Saya melihat ada beberapa perkembangan dari sisi teknologi dan konvensi direktori yang digunakan. Berikut ini beberapa perbedaan yang cukup signifikan yang saya amati di antara kedua rilis, yang akan saya coba jelaskan detilnya di paragraf-paragraf selanjutnya:

  1. Directory conventions
  2. Coherence configuration
  3. Web Tier standalone domain
  4. Simplified RCU
  5. Server groups
  6. Virtual IP
  7. Per ost NodeManager
  8. WSM Policy Manager cluster

Directory Conventions


Baik rilis 11g maupun rilis 12c, Oracle menerapkan pemisahan antara ASERVER_HOME dengan MSERVER_HOME. Namun pada rilis 11g konvensi direktori yang diberlakukan cukup kompleks dan membingungkan terutama untuk implementor yang baru pertama kali mengimplementasikan topologi high availability. Pada 11g lokasi konfigurasi domain untuk AdminServer (ASERVER_HOME) berada di:

 /u01/app/oracle/admin/domain_name/aserver/domain_name

Di sini ada 2 kali pengulangan nama domain yang sangat membingungkan. Sedangkan untuk konfigurasi domain untuk Managed Server (MSERVER_HOME) berada di:

/u02/app/oracle/admin/domain_name/mserver/domain_name

Jika dibandingkan dengan konvensi pada rilis 12c, lokasi direktori menjadi lebih mudah dan singkat, yaitu ASERVER_HOME menjadi:

/u01/oracle/config/domains/domain_name

dan MSERVER_HOME menjadi:

/u02/oracle/config/domains/domain_name 

Selain itu konvensi untuk lokasi lainnya pada rilis 12c secara umum lebih mudah dan lebih logis untuk diimplemementasikan.

Coherence Configuration


Pada rilis 11g, deployment SOA Composite terkadang sangat bergantung pada benar tidaknya konfigurasi Coherence yang perlu dilakukan pada server startup argument menggunakan tangosol.coherence.wka<n>. Argumen tersebut perlu ditambahkan di setiap Managed Server yang termasuk di dalam SOA cluster. Pada rilis 12c, ketika initial domain creation secara otomatis akan terbuat sebuah defaultCoherenceCluster yang akan menangani hal ini. Sehingga tidak diperlukan lagi penambahan argumen Tangosol seperti dulu.

Web Tier Role and Standalone Domain


Pada rilis 11g, saya dulu sempat mempertanyakan sebetulnya fungsi dari Web Tier (Oracle HTTP Server) ini apa selain untuk mengakomodasi Single Sign-On (SSO) solution dari Oracle Access Management. Ternyata di dokumentasi rilis 12c lebih dijelaskan fungsi dasar dari Web Tier ini apa dan bagaimana opsional-nya untuk mendeploy-nya di high availability topology. Menurut saya Web Tier ini tetap diperlukan untuk reverse proxy dan mempermudah deployment ketika nantinya akan diintegrasikan dengan load balancer, karena cukup 1 rule saja yang perlu didaftarkan ke load balancer yaitu ke Web Tier.

Selain itu pada rilis 12c ini, memungkinkan untuk memisahkan deployment dari Web Tier menjadi domain yang terpisah dari WebLogic Domain yang menjadi target reverse proxy. Keuntungan dari pendekatan ini adalah kita dapat menempatkan konfigurasi Web Tier di mesin yang terpisah menjauhi application tier dan bisa digunakan untuk me-reverse proxy lebih dari 1 WebLogic Domain.

Simplified RCU


Repository Creation Utility pada rilis 11g merupakan komponen yang di-download secara terpisah dari installer yang lainnya. Namun pada rilis 12c merupakan kesatuan dari produk yang akan diinstall. Misalnya ketika akan meng-install Oracle SOA Suite, maka RCU-nya yang diperlukan sudah termasuk di dalam folder soa. Pendekatan ini memudahkan komponen yang harus di-download dan juga memudahkan proses instalasi. Selain itu ketika akan membuat skema database, RCU 12c membuat sebuah skema khusus yang berisi metadata RCU, biasanya memiliki sufiks STB. Skema STB ini memiliki peran untuk menyimpan informasi skema-skema lainnya yang memiliki prefiks yang sama. Sehingga ketika proses pembuatan database Middleware tidak perlu lagi sysadmin mengetikkan satu per satu prefiks dan password-nya seperti pada rilis 11g.

Server Groups


Salah satu aspek yang paling kompleks ketika mengkonfigurasi high availability topology adalah pada bagian custom deployment target, misalnya ketika ingin memisahkan WSM pada cluster tersendiri. Pada 12c proses tersebut menjadi dimudahkan dengan adanya fitur Server Groups. Di mana Server Groups ini merupakan deployment set yang dapat di-deploy secara kesatuan dan merepresentasikan sebuah fungsi. Pendekatan ini dapat mengurangi tingkat error yang dilakukan ketika memilih deployment yang akan ditargetkan.

Virtual IP


Virtual IP digunakan untuk mem-failover sebuah proses seperti misalnya proses AdminServer dari node yang aktif ke node yang pasif karena kegagalan node aktif. Selain itu virtual IP pada rilis 11g juga dimanfaatkan untuk proses whole server migration yang bisa dilakukan oleh Oracle SOA server. Sehingga WLS_SOA1 misalnya dapat sepenuhnya pindah ke SOAHOST2, ketika SOAHOST1 gagal. Sehingga pada suatu ketika SOAHOST2 berisi WLS_SOA1 dan WLS_SOA2.

Pada rilis 12c virtual IP yang diperlukan hanya untuk AdminServer, karena Oracle SOA Suite 12c sudah mendukung fitur Automatic Service Migration, di mana yang dipindahkan adalah pada level service-nya. Sehingga migrasi penuh WebLogic Managed Server dari SOAHOST1 ke SOAHOST2 tidak diperlukan.

Per Host Node Manager


Pada rilis 11g, tidak secara detil dijelaskan bagaimana sebenarnya konfigurasi yang benar untuk NodeManager. Penempatan direktori dan perintah yang digunakan juga masih tidak jelas. Hingga akhirnya waktu itu saya mencari-cari cara sendiri untuk mempermudah proses startup dan shutdown dari NodeManager dari berbagai sumber hingga menghasilkan how to versi saya yang saya sempat share di [5].

Pada rilis 12c, walaupun masih belum jelas seperti yang saya harapkan. Namun setidaknya sudah terlihat bahwa ada 2 alternatif konfigurasi yaitu per domain NodeManager atau per host NodeManager. Masing-masing alternatif dijelaskan keuntungan dan kekurangannya, namun masih disarankan untuk membuat per host NodeManager.

WSM Policy Manager Cluster


Sejak rilis 11g saya sudah mempertanyakan alasan sebetulnya kenapa WSM Policy Manager dipisahkan ke 1 cluster khusus, yaitu WSM-PM_Cluster. Saya sempat mempertanyakan juga ke Oracle Support mengenai hal ini, namun jawaban yang mereka berikan tidak memuaskan. Pada rilis 12c dijelaskan secara lebih detil bahwa dengan alasan kinerja secara keseluruhan lebih baik jika WSM Policy Manager dipisahkan deployment-nya ke cluster khusus.


Demikian sedikit ulasan saya mengenai dokumentasi Oracle. Semoga bermanfaat.


Daftar referensi:
[1] Fusion Middleware Enterprise Deployment Guide for Oracle SOA Suite
[2] Fusion Middleware Enterprise Deployment Guide for Oracle WebCenter Portal
[3] Fusion Middleware Enterprise Deployment Guide for Oracle WebCenter Content
[4] Fusion Middleware Enterprise Deployment Guide for Oracle Identity Management
[5] Simplified NodeManager Setup

No comments:

Post a Comment