Sunday, September 18, 2016

Tips Menghapus Footer Pada Ckeditor

Seperti yang kita tahu, Ckeditor adalah text editor berbasis web untuk memudahkan user untuk menentukan format, jenis font maupun ukuran font seperti pada microsoft word. Tidak sulit untuk menemukan berbagai contoh pemakaian dari Ckeditor, begitu pula dengan cara menginstal dan pemasangannya. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan footer yang ada di dalam tampilan Ckeditor.

Bagi kita sebagai engineer tentunya sudah tidak asing dengan tag HTML, seperti <div> <p> <body>, tetapi bila kita adalah seorang user tentunya tidak begitu mengerti tentang tag HTML tersebut berikut dengan fungsinya. Contoh nya seperti gambar di bawah ini.



Perhatikan lingkaran merah pada gambar. Yang ada pada lingkaran tersebut adalah tag HTML yang akan muncul ketika kita menuliskan sesuatu pada text editor. Memang tag tersebut tidak mengganggu aktivitas kita pada Ckeditor namun, untuk memberi kesan 'indah' karena kurang begitu berfungsi maka tag tersebut dapat di hilangkan / di hapus. Cara menghapus nya cukup dengan menambahkan script di bawah ini pada file HTML dimana Ckeditor berada.

<script>
CKEDITOR.config.removePlugins = 'elementspath';
</script>

Setelah di tambahkan script tersebut, maka hasil nya seperti ini,



Tulisan sebanyak apapun dan di beri efek apapun tag HTML yang berada di footer tidak akan muncul kembali. Terlihat mudah bukan?? Iya memang terlihat mudah dan sepele. Akan tetapi berdasarkan pengalaman sedikit sekali bahkan sulit untuk mencari dokumentasi yang membahas tentang bagaimana menghilangkan atau menghapus tag HTML pada footer Ckeditor. Kebanyakan dokumentasi membahas tentang bagaimana menghapus toolbar yang ada di Ckeditor.

Semoga tips ini membantu, dan sampai ketemu di tips selanjutnya...

No comments:

Post a Comment