Sunday, September 18, 2016

Tips and Trick Skinning Webcenter Portal

Pada kesempatan ini saya ingin membagikan pengalaman saya ketika mengerjakan Skinning Webcenter Portal 12c. Pada dasarnya ada 2 pedekatan untuk skinning webcenter portal yang saya tau. 
  • Pertama menggunakan page template yang sudah disediakan secara default oleh Oracle. 
  • Kedua dengan membuat page template sendiri. 

Apa sih yang dimaksud dengan page template? Page template itu bisa di bilang seperti skeleton website yang ada pada umum nya yang biasa ada di index.html. Disini page template yang bisa dibuat bukan hanya mencakup header & footer pada website kebanyakan, namun hingga style keseluruhan webcenter portal itu sendiri.  

Pada awalnya saya mencoba membuat page template sendiri, semula semuanya berjalan mulus, hingga tiba saat bagian integrasi dengan webcenter content, Css page template yang saya gunakan ternyata konflik dengan css bawaan webcenter, yang menyebabkan tampilan komponen yang akan di integrasikan menjadi jelek. Ketika itu saya mempunyai 2 pilihan, yang pertama adalah memodifikasi komponent adf yang akan di integrasikan, atau membuat ulang menggunakan page template bawaan, dan hanya memodifikasi page page tertentu saja sesuai dengan keinginan saya. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil pilihan ke 2. Kenapa saya mengambil opsi ke dua?

Pertama dikarenakan deadline project yang mepet yang menyebabkan saya tidak bisa RND pada bagian komponen bawaan webcenter, yang pastinya akan menghabiskan waktu lama. Kedua, sepertinya lebih mudah untuk memodifikasi page yang sudah kita desain sendiri dibanding memodifikasi apa yang sudah dibuat oleh orang lain. Kira kira itu 2 pertimbangan saya kenapa saya mengambil opsi ke dua.

Untuk membantu teman teman memutuskan pendekatan mana yang akan diambil, saya akan mencoba untuk membuatkan case case sehingga teman teman tidak perlu mengalami apa yang sudah saya alami :)

  • Page template bawaan. Sebaiknya teman teman memilih menggunakan ini jika portal yang ingin kalian buat itu banyak integrasinya dengan komponen, seperti webcenter content, bpm workspace, disccussion forum dll. Dikarenakan jika banyak integrasi kalian akan kewalahan untuk memodif template itu ketika komponen yang baru di pasang ternyata tampilan nya sedikit aneh.
  • Page template custom. Sebaiknya teman teman memilih menggunakan ini jika portal yang ingin kalian buat itu tidak banyak integrasi aplikasi, sebab tampilan nya bisa dibilang akan jauh lebih bagus dibanding dengan template bawaan.
Sekian share dari saya, semoga ini membantu !

No comments:

Post a Comment