Sunday, July 1, 2018

Android Jetpack - make it quick and easy to build great Android apps.

Halo guys! Jumpa lagi bareng gw yang akan sekilas memperkenalkan Android Jetpack kali ini. Langsung aja yuk!

What is it?

Jetpack merupakan sekumpulan library, tools, dan petunjuk arsitektural yang ngebantu dalam membuat aplikasi Android secara cepat dan mudah. Si Jetpack ini sudah menyediakan sekumpulan code infrastruktur yang biasa digunakan sehingga kita sebagai developer cukup dengan fokus pada apa yang membuat aplikasi kita itu unik.

Features

Nah, tadi disebutkan kan ada sekumpulan library, tools, dan pentunjuk arsitektural. Kekuatan apa aja sih yang disediakan Jetpack ini sehingga ngebuat development aplikasi itu jadi mudah dan cepat?

1. Foundation

Pada komponen-komponen pondasi ini menyediakan kemapuan-kemampuan sistem inti, ekstensi Kotlin dan support untuk multidex dan testing otomatis. Komponen pondasi ini diantaranya :
- AppCompat
- Android KTX
- Multidex
- Test

2. Architecture

Komponen-komponen arsitektur memiliki class-class yang ngebantu mengelola komponen UI lifecycle, nge-handle data persistence, dan lain sebagainya. Komponen arsitektur ini diantaranya :
- Data Binding
- Lifecycles
- LiveData
- Navigation
- Paging
- Room
- ViewModel
- WorkManager

3. Behavior

Komponen-komponen behavior ini ngebantu dalam mendesign aplikasi yang kokoh, testable, dan maintainable. Komponen behavior ini diantaranya :
- Download manager
- Media & playback
- Notifications
- Permissions
- Sharing
- Slices

4. UI

Dan komponen yang terakhir yaitu komponen-komponen UI yang memudahkan dalam pembuatan aplikasi yang bukan hanya mudah, tapi juga menyenangkan. Komponen UI ini diantaranya :
- Animation & transitions
- Auto
- Emoji
- Fragment
- Layout
- Palette
- TV
- Wear OS by Google

Wah ternyata komponen yang sering kita gunakan itu disediakan semua oleh si Jetpack ini ya. Di mulai dari pondasi aplikasi, arsitektur, behavior, bahkan sampai UI! Nah kira-kira penggunaannya akan seperti apa cek langsung disini

Sekian dulu dari gw ya guys dan sampai jumpa lagi di blog berikutnya, see ya!

No comments:

Post a Comment