Sunday, July 1, 2018

Backend Integration Midtrans Payment Gateway

Midtrans ???

Salah satu payment gateway yang memfasilitasi kebutuhan para pebisnis online dengan memberikan pelayanan berbagai cara pembayaran.


Payment Gateway ???

Sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual.


Seperti yang temen-temen liat dari gambar diatas, itu merupakan beberapa pebisnis online yang mempercayai metode pembayaran dalam bisnis mereka menggunakan midtrans. Hmmmm menarik, banyak juga ya startup unicorn Indonesia yang menggunakan midtrans. Dengan begitu keamanan transaksinya pastinya terpercaya ya 😉


Gambar di atas adalah metode pembayaran yang bisa dilakukan dengan menggunakan midtrans payment gateway, yang terbaru adalah bisa bayar pake Go-Pay. Banyak ya pilihannya dan keren pastinya hehehe.

Disini gue mau sharing sedikit mengenai gimana sih integrasi midtrans dengan aplikasi kita terutama bagi kalian yang berprofesi sebagai Backend Engineer, kuy cekidot. Btw gue disini menggunakan Java Spring Boot ya gais 😎.

Sebelum melakukan integrasi, kita harus membuat akun terlabih dahulu, bikin akunya gampang kok.



Setelah membuat akun kita akan mendapatkan akses untuk mengatur portal transasksi kita, dalam kasus ini kita mendapatkan akses sandbox yang hanya dapat digunakan dalam proses development. Apabila kita ingin naik ke production ada persyaratan dan perjanjian kerjasama antara kita dengan pihak midtrans, setelah kita selesai melakukan kerjasama maka kita bisa menggunakan midtrans pada production.


Setelah membuat akun kita juga akan mendapatkan sebuah server key yang nantinya akan kita gunakan untuk integrasi dengan backend midtrans.

Kemudaian kita konfigurasi redirect URL, redirection URL berfungsi untuk mengarahkan konsumen anda ke sebuah page setelah berhasil melakukan pembayaran.
Untuk konfigurasi kita ke Settings -> Configuration.




Jika sudah daftar dan konfigurasi maka kita bisa ke proses integrasi dengan backend midtrans.  Ada beberapa point yang harus kita gunakan untuk integrasi, yaitu :
  1. Endpoint.
  2. Request Headers.
  3. Request Body (JSON Parameter).
  4. JSON Objects.
  5. Response.
1. Endpoint.

Berdasarkan gambar di atas terdapat dua endpoint yaitu untuk keperluan development (sandbox) dan production (production).

2. Request Headers.

Berikut adalah request headers yang dibutuhkan untuk integrasi dengan midtrans backend. Untuk Authorization menggunakan server key yang kita dapat saat registrasi di awal kemudan server key tersebut di encode ke base64.

3. Request Body (JSON Parameter)

Request Body dibutuhkan untuk proses transaksi kita dalam request body terdapat detail transaksi kita, berikut adalah contoh request body saat kita meng hit midtrans backend.

4. JSON Objects

Berikut adalah JSON Objects yang akan kita modifikasi sesuai dengan kebutuhan kita.

5. Response

Nah dibawah ini adalah contoh response format yang kita dapatkan apabila kita berhasil integrasi dengan midtrans atau tidak.

Untuk demo temen-temen bisa buka link ini https://demo.midtrans.com/, disediakan langsung oleh midtarns sendiri 😀.

Gimana gais udah dapet sedikit pencerahan ? Semoga sudah ya hehehe dan semoga bermanfaat yaa, aamiin..
Buat temen-temen yang mau tau info lebih detail banget bisa kunjungi aja dokumentasinya di website midtrans https://snap-docs.midtrans.com/. Dokumentasinya sangat mudah dimengerti loh hehehe

Source :

No comments:

Post a Comment