Sunday, July 1, 2018

PostgreSQL in Spring Boot using STS




Apa itu PostgreSQL?

PostgreSQL adalah sebuah relational database manajemen system (RDBMS) yang bersifat open source. PostgreSQL dikembangkan berdasarkan pada POSTGRES 4.2 di Berkeley Computer Science Department, University of California.

PostgreSQL dirancang untuk berjalan pada platform UNIX. Namun, PostgreSQL kemudian juga dirancang untuk menjadi portabel sehingga dapat berjalan di berbagai platform seperti Mac OS X, Solaris, dan Windows. Selain itu, PostgreSQL juga free software yang source codenya tersedia di bawah lisensi PostgreSQL, atau lisensi open source yang liberal. Maksudnya adalah anda bebas menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan PostgreSQL dalam bentuk apa pun.

Apa saja kelebihan dari PostgreSQL?
1. PostgreSQL memiliki arsitektur multiproses (forking) yang berarti memiliki stabilitas yang lebih tinggi.
2. Dalam kondisi load tinggi (jumlah koneksi simultan besar), kecepatan PostgreSQL sering mengalahkan MySQL untuk query dengan klausa JOIN yang kompleks.
3. PostgreSQL memiliki fitur OO seperti pewarisan tabel dan tipe data, atau tipe data array yang kadang praktis untuk menyimpan banyak item data di dalam satu record.
4. PostgreSQL menyediakan hampir seluruh fitur-fitur database seperti yang terdapat dalam produk database komersial pada umumnya.
5. PostgreSQL memberikan kita kemampuan mendefinisikan sebuah field sebagai array.
6. PostgreSQL juga memiliki apa yang disebut rule, yaitu tindakan custom yang bisa kita definisikan dieksekusi saat sebuah tabel di-INSERT, UPDATE, atau DELETE.
7. Postgres juga mempunyai kemampuan untuk membuat konektifitas dengan database lain seperti pgdump, Interbase, pgaccess, dan banyak lainnya. 

Apa itu STS?

Spring Tool Suite (STS) adalah Eclipse-based development environment yang disesuaikan dalam pengembangan aplikasi Spring. STS menyediakan environment yang siap digunakan dalam implementasi, debug, run, dan deploy Spring, termasuk integrasi Pivotal tc Server, Pivotal Cloud Foundry, Git, Maven, AspectJ, dan yang lainnya.

Spring Tool Suite support terhadap penargetan aplikasi ke server lokal, virtual, dan berbasis cloud. STS tersedia secara gratis untuk pengembangan dan penggunaan operasi bisnis internal tanpa batas waktu, dan sepenuhnya open-source yang berlisensi di bawah ketentuan Lisensi Publik Eclipse.

Cukup sampai disini saja ya perkenalan kita mengenai PostgreSql dan STS, karena sebenarnya di kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai fitur-fitur yang ada di PostgreSQL dengan menggunakan Java Spring Boot pada STS.

Nah, yang pertama kali dilakukan adalah
  • Create project java anda dengan pilih folder File -> New -> Spring Starter Project pada STS
  • Dan berikut struktur project saya
  • Kemudian atur application.propertiesnya seperti di gambar berikut:
  • Setelah itu, create modelnya
  • Kemudian, create repositorinya
  • Dan terakhir buat controllernya
  • Kemudian run program melalui web browser
  • Nah disini saya juga, menambahkan function untuk return table dan return string


  • Berikut hasilnya untuk return string:
  • Dan berikut hasil untuk return table:
  • Selain itu, saya juga membuat query untuk pindahin function ke skema berbeda, seperti pada gambar di bawah:



Oke, sekian dulu ya untuk penjelasan postgreSQL dari saya

Terima kasih....

Referensi:
- http://www.postgresqltutorial.com/what-is-postgresql/
- http://www.postgresqltutorial.com/plpgsql-function-returns-a-table/
- https://www.postgresql.org/docs/9.6/static/sql-createfunction.html
- https://spring.io/tools/sts




No comments:

Post a Comment