Saturday, March 15, 2014

Transfer Comment & Attachment On Oracle BPM With Different Process Part 1

Halo semua, kembali lagi dengan saya. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips work arround untuk masalah tidak bisanya mentransfer comment dan attachment pada oracle bpm dengan situasi process yang berbeda. Dalam kasus ini 1 process menggunakan manual process dan 1 lagi menggunakan asynchronous service.
  1. Pertama tama, kita akan membuat 2 buah process yang berbeda, sebut saja MainAttachment dan SubAttachment, dimana MainAttachment merupakan proses utama dan SubAttachment merupakan proses yang dipanggil melalui send dan receive task. Untuk MainAttachment kita buat menggunakan Manual Process, dan SubAttachment menggunakan Asynchronous Service.
  2. Setelah selesai membuat 2 Process tersebut, kita buka terlebih dahulu MainAttachment yang sudah kita buat tadi. Kemudian buat humantask pada usertask yang sudah ada.

  3. Setelah humantask telah dibuat, klik kolom Activity kemudian pilih Send dan letakkan setelah usertask tadi, kemudian tambahkan juga Receive setelah Send, dan tambahkan usertask baru setelah Receive.
  4. Setelah selesai, buat xsd seperti berikut
  5. Tambahkan data di setiap usertask yang ada dengan menggunakan xsd yang telah kita buat di atas. 
  6. Setelah selesai menambahkan data, buatlah Business Object dengan menggunakan acuan xsd yang telah kita buat tadi dan beri nama DataBO
  7. Setelah selesai membuat BusinessObject, kemudian kita buat Data Object dan kita beri nama DataDO dengan acuan data dari DataBO
  8. Setelah selesai membuat Data Object bernama DataBO kemudian buat Business Object yang diberi nama AttachmentBO, namun ada sedikit perbedaan dalam pembuatan nya. Perbedaan nya terletak pada data yang akan diambil. Setiap kali membuat human task, akan tercreate 2 buah xsd yang terletak di folder xsd nya, yang pertama payloadnya dan yang kedua workflowtask nya. Untuk ini kita akan menggunakan xsd Payload nya, untuk nama di sesuaikan dengan penamaan human task yang awal, sebagai contoh pada awal saya membuat dengan nama TaskMain, maka xsd yang digunakan adalah TaskMainPayload.xsd, kemudian pilih task, setelah itu simpan Business Object nya.
  9. Setelah selesai membuat AttachmentBO, kita buat Data Object yang bernama AttachmentDO dengan mengambil referensi menggunakan AttachmentBO.


  10. Setelah membuat DataDO dan AttachmentDO telah terbuat pada project MainAttachment, kita pindah ke AttachmentSub dan ikuti langkah dalam pembuatan DataDO dan AttachmentDO yang ada pada process MainAttachment (Step 4-7), namun akan ada sedikit perbedaan lagi dalam pembuatan AttachmentBO nya. Kita langsung lihat perbedaan nya. Buat Business Object dengan nama AttachmentBO, kemudian ketika akan memilih xsd, pilih import schema file, kemudian buka folder AttachmentMain yang sudah kita buat tadi. Contoh direktorinya jika penamaan nya sesuai dengan yang saya buat.
    /Attachment/AttachmentMain/AttachmentMain/xsd/TaskMainPayload.xsd
    Pilih copy to project dan pilih oke, ketika muncul pop up menu untuk masalah copy options, uncheck pada bagian Maintain Original files dan Localize External References kemudian check pada bagian Rename duplicate files, kemudian pilih ok. Setelah selesai mencopy file, pilih task saat diminta memilih type chooser kemudian pilih ok.
  11. Setelah selesai membuat AttachmentBO kemudian buat AttachmentDO seperti Step 9. 
  12. Setelah DataDO dan AttachmentDO pada kedua project selesai dibuat, mari kita lanjutkan proses nya dengan membuat data yang akan dibutuhkan untuk memproses AttachmentSub dan data yang akan dihasilkan oleh AttachmentSub. Klik Kanan pada Start, kemudian properties dan pilih implementation. Pada bagian Argument Definition, kita klik gambar + dan kita buat Argument bernama Data dengan referensi dari DataBO, dan Argument Attachment dengan referensi AttachmentBO.
  13. Lakukan step 12 pada End dalam process AttachmentSub.

Berlanjut ke Part 2.....

No comments:

Post a Comment