Saturday, March 15, 2014

Transfer Comment & Attachment On Oracle BPM With Different Process Part 2

Blog ini merupakan kelanjutan dari Transfer Comment & Attachment On Oracle BPM With Different Process. Sebagai review, pada kesempatan sebelum nya kita sudah membuat semua BO dan DO serta Argument yang akan sangat diperlukan pada blog kali ini.
  1. Setelah kita selesai membuat Argument pada Start node dan End node, maka kita akan membuat mapping agar data bisa mengalir sesuai dengan yang kita harapkan.  Buka implementation pada Start Node kemudian pilih Data Associations. Tarik node Data ke DataDO, kemudian pada node AttachmentDO klik kanan kemudian pilih XSL Tranformation. Beri nama file xsl yang akan anda buat untuk mempermudah mengolah data. Kemudian pilih Ok. Setelah keluar dari tampilan Properties Start, maka akan muncul file xsl yang telah kita buat tadi. Tarik sesuai dengan gambar yang telah saya post. Ketika keluar window Auto Map Preferences, langsung klik Ok untuk secara otomatis melakukan mapping.








  2. Setelah selesai, klik kanan pada task yang sudah kita buat tadi, kemudian properties dan pilih tab implementation. Pilih Data Association dan kemudian pilih tab Input, kemudian tarik DataDO ke data dan buat mapping dengan menggunakan metode xsl transformation pada node exedata, mengambil reference data dari AttachmentDO. Setelah selesai, buka tab Output, kemudian tarik data ke DataDO, kemudian buat xsl transformation pada node AttachmentDO dan mengambil reference data dari execdata. Setelah selesai 2 hal tersebut, Klik Ok kemudian tarik mappingan dari node task ke task dalam file xsl yang telah kita buat tadi.









  3. Setelah selesai melakukan Mapping, klik kanan node End kemudian pilih implementation dan pilih Data Association tarik node DataDO ke Data dan AttachmentDO ke Attachment. Kemudian deploy project AttachmentSub.

  4. Setelah selesai mendeploy project anda, maka buka Enterprise Manager anda, cari project AttachmentSub, kemudian pilih menu testing. Setelah memilih menu testing, copy link WSDL service untuk kita gunakan di dalam project AttachmentMain.

  5. Buka kembali project AttachmentMain anda, kemudian buka composite.xml anda, tambahkan vitur WebService, kemudian paste link WSDL yang telah kita copy tadi.


  6. Simpan semua file project anda, kemudian buka prosess AttachmentMain, klik kanan di SendTask yang sudah kita buat di awal tadi dan pilih properties, setelah itu pilih implementation. Pilih type nya menjadi Service Call, kemudian klik gambar magnifier untuk memilih service yang telah kita masuk kan tadi. (Jika service tidak muncul setelah kita tambahkan WebService dalam composite.xml nya silahkan restart JDeveloper anda) Setelah memilih nama Service yang sesuai, kemudian klik Data Association, buat xsl transformation pada node start, pilih reference datanya dari DataDO dan AttachmentDO. Setelah itu mapping data pada file xsl sesuai dengan yang saya buat.






  7. Setelah selesai, Klik kanan pada Receive Task, pilih properties dan pilih tab Implementation, kemudian pilih type nya menjadi Service, kemudian klik tombol kacapembesar untuk melihat service yang telah kita buat sebelum nya. Setelah itu klik Data Association, buat file xsl pada node AttachmentDO dengan mengambil data dari endResponse. Lalu mapping Data yang tersisa seperti gambar yang saya buat.





  8. Klik kanan pada task yang pertama kali kita buat dalam process AttachmentMain, kemudian pilih properties dan pilih tab Implementation, lalu klik DataAssociation. Pada tab Output, tarik data ke DataDO, kemudian buat xsl transformation pada node AttachmentDO, dengan menggunakan reference data dari execData. Tarik mappingan sesusai dengan gambar.



  9. Pada Usertask kedua yang telah kita buat klik kanan, kemudian pilih properties dan pilih tab implementation dan klik Data Association. Setelah itu pilih tab Input lalu tarik DataDO ke Data, kemudian buat file xsl pada node execData dengan menggunakan refrence data dari AttachmentDO. Tarik Mapping sesuai dengan gambar.




  10. Setelah selesai, deploy AttachmentMain anda, jangan lupa untuk membuat UI nya yah.. ^__^Namun belum selesai sampai disini. Akan ada 2 hasil yang terjadi. 
  • Pertama, jika anda tidak menggunakan UCM pada setiap Task yang telah anda buat, maka Comment dan Attachment akan terjadi duplikasi di setiap proses transfer balik data (Main > Sub >Main) duplikasi akan terjadi pada proses Main yang terakhir.
  • Kedua, jika anda menggunakan UCM pada setiap Task yang telah anda buat, makan tidak akan ada terjadi duplikasi pada setiap proses.
Best Practice : Selalu gunakan UCM agar tidak terjadi duplikasi comment dan attachment.
Untuk mengaktifkan UCM, klik kanan pada usertask yang ingin di aktifkan UCM nya, kemudian pilih open human task, dan pilih Documents, checklist Use Document Package. Setelah itu akan muncul 2 data, pada SecurityGroup pilih Valuenya dengan menggunakan Expression, lalu tambahkan kata PersonalSpaces. Lalu pada DocumentType, pilih Valuenya dengan menggunakan Expression, lalu tambahkan kata Document.


Sekian Blog dari saya. Semoga membantu !

No comments:

Post a Comment