Saturday, June 30, 2018

One Signal : Push Notification and Email


Haloooo.. pasti udah ga asing lagi dengan notifikasi yang muncul di smartphone anda atau saat kalian membuka sebuah website tiba tiba dikirimkan notifikasi langsung di websitenya, atau yang lebih umum notifikasi yang masuk melalui email anda.

What are Push Notifications?
Push Notification adalah saluran komunikasi yang dibangun ke setiap mobile device atau website. Push Notification juga memungkinkan aplikasi untuk menjangkau pengguna dengan pesan singkat yang dapat ditanggapi oleh pengguna.


Mobile Push Notification

Website Push Notification

Dari beberapa vendor push notification salah satu yang terbaik yaitu One Signal. Seperti halnya vendor push notification lainnya One Signal menyediakan layanan mengiriman notifikasi ke website dan mobile device. One Signal mendukung semua platform native dan seluler utama dengan menyediakan SDK khusus untuk setiap platform, API server RESTful, dan dashboard online untuk merancang dan mengirim push notification.


Home Page One Signal

Why should I use OneSignal?
  1. EASY TO USE
  2. BETTER THAN COMPETITION : Layanan pemberitahuan lainnya tidak memiliki fitur seperti segmentation, automatic/triggered notifications, variable substitution, a notification delivery API, atau detailed reporting tools
  3. ADVANCED FUNCTIONALITY : OneSignal menyediakan alat pemasaran termasuk A/B testing, segment targeting, variable-substitution, localization, drip marketing, dan conversion tracking
  4. PLATFORM SUPPORT : OneSignal menyediakan UI dan API tunggal untuk mengirim pesan di iOS, Android, Amazon Fire, Windows Phone, Aplikasi Chrome, Amazon Alexa, Safari, Web Chrome, dan Firefox.
  5. SDK SUPPORT : OneSignal menyediakan SDK untuk hampir semua platform mobile development environment yang sering digunakan seperti Unity, PhoneGap, Cordova, Ionic, React Native, Intel XDK, Corona, Xamarin, Marmalade, Adobe Air, dan Web Push.
  6. POPULAR : OneSignal adalah layanan push notification yang paling banyak digunakan untuk pengembang web dan seluler, dengan lebih dari 325.000 pengembang terdaftar dan 175.000 aplikasi dan situs web.
  7. FREE


How to Implement OneSignal?

Dari beberapa Support SDK yang disediakan OneSignal pada pembahasan kali ini saya akan membahas implementasi One Signal pada aplikasi yang menggunakan React Native.

Installation
  1. Add Library to Project
  2.  npm install --save react-native-onesignal  
    
  3. Link Library to Project
  4.  react-native link react-native-onesignal  
    
Usage
 import React, { Component } from 'react';  
 import OneSignal from 'react-native-onesignal'; // Import package from node modules  
 export default class App extends Component {  
   componentWillMount() {  
         OneSignal.init("YOUR_ONESIGNAL_APPID");  
     OneSignal.addEventListener('received', this.onReceived);  
     OneSignal.addEventListener('opened', this.onOpened);  
     OneSignal.addEventListener('ids', this.onIds);  
   }  
   componentWillUnmount() {  
     OneSignal.removeEventListener('received', this.onReceived);  
     OneSignal.removeEventListener('opened', this.onOpened);  
     OneSignal.removeEventListener('ids', this.onIds);  
   }  
   onReceived(notification) {  
     console.log("Notification received: ", notification);  
   }  
   onOpened(openResult) {  
    console.log('Message: ', openResult.notification.payload.body);  
    console.log('Data: ', openResult.notification.payload.additionalData);  
    console.log('isActive: ', openResult.notification.isAppInFocus);  
    console.log('openResult: ', openResult);  
   }  
   onIds(device) {  
           console.log('Device info: ', device);  
   }  
 }  

OneSignal.init diisi dengan OneSignal AppID yang didapatkan di dashboard OneSignal, cukup dengan login di website OneSignal, lalu buat project dan ikuti langkah langkahnya. Jika project selesai dibuat pilih tab Setting dan disana tersedia OneSignal AppID.




jika semuanya sudah di setting.. untuk mengetestnya bisa menggunakan dashboard OneSignal, dengan memilih tab Message disana tersedia button New Push.. setelah itu hanya tinggal memasukan contoh message seperti apa yang ingin dikirim dan user mana yang akan menerima message tersebut.


jika sudah dikirimkan coba check aplikasi mobilenya, notifikasi yang dikirim akan masuk ke notification bar atau masuk ke lock screen jika settingannya diaktifkan di smartphone kalian.

Conclusion
Push Notification adalah strategi pemasaran yang sangat baik untuk bisnis saat ini, karena dengan adanya push notification informasi akan cepat didistribusikan dan tepat sasaran. Implementasi Push Notification menggunakan OneSignal juga mudah sekali karena ada dashboard untuk konfigurasi, testing push notification, dan support SDK yang lengkap di setiap platform yang umum digunakan.

References

No comments:

Post a Comment