Friday, June 22, 2018

Road to World Cup

Pada blog bulan ini akan sharing project yang terjadi bulan ini, Tebak Skor


Semua dimulai saat dari lowongan project yang berasal dari suatu grup angkatan. Sebuah perusahaan mencari software house alternatif untuk mengerjakan gamification tebak skor Piala Dunia 2018. Hari itu kick-off piala dunia pertama kurang dari 1 bulan.

Dalam kondisi biasa jelas proyek ini tidak akan di follow up lebih lanjut, available resource yang belum ada dan fase development yang hanya 2 minggu tidak baik untuk kesehatan developer. Tetapi menimbang permintaan ini datang dari salah satu dari unicorn Indonesia dan traffic user yang pasti tinggi... Bring it on.

Tech Lead langsung diturunkan untuk mengerjakan proyek prioritas ini, padahal tech lead sendiri memegang minimal 2 proyek di tangan. Kemampuan tech lead diuji dengan mempertaruhkan nama baik Nostra.

Komunikasi adalah hal pertama yang penting. Sharing masalah, pengalaman, solusi, dan ide yang ditemukan membuat segalanya lancar. Komunikasi memberi berbagai perspektif berbeda dari sini desain, front end, back end, database dan devops. Masalah dapat diselesaikan lebih cepat, lebih baik dan dengan beberapa pilihan solusi.

Saling percaya satu sama lain bahwa tugas yang diberikan pasti selesai tepat waktu, dan rasa tanggung jawab bahwa ada orang lain yang menunggu selesainya tugas kita. Tim bagaikan berkomunikasi secara telepati dan dapat bergerak dengan tempo yang tinggi.

Inisiatif untuk mengambil tugas dan melengkapi kekurangan tim membawa dampak yang besar dalam selesainya proyek ini. Terkadang ada yang masih sibuk, terkadang ada bagian yang belum punya pengalaman. Di level tech lead pun tetap saling belajar dan tidak menutup diri untuk mencoba hal hal baru. Setiap orang punya 'kelemahan' dan punya 'kelebihan' dan 'kelemahan' seseorang ditutupi oleh 'kelebihan' orang lain membuat satu tim yang solid dan tidak bercelah.

Pada akhirnya, aplikasi selesai tepat waktu, dites dengan lancar, dan berjalan aman hingga saat ini
Semoga valuenya juga dapat ditularkan ke proyek lain. Keep Coding

No comments:

Post a Comment