Saturday, June 30, 2018

Search Engine Optimization for life ? why not ?

Selamat malam, selamat berbahagia, semoga para pembaca setia Blog Nostra selalu di berikan karunia kesehatan jiwa dan raga, kali ini saya pengen membagikan informasi yang cukup bermanfaat mengenai SEO, apalagi tentang penting gak sih SEO itu buat kehidupan suatu produk yang baru di go-live kan apalagi memaintain sehingga bisa menyalip para pencari produk anda.

Nah sebelum saya ulas lebih dalam lagi. APA SIH SEO itu ?? hmmm...



Search Engine Optimization ?? bukaann itu singkatan, jadi secara definitif SEO itu adalah sesuatu existensi ( kalau saya menyebutnya ) ilmu dalam dunia digital yakni proses atau aktifitas yang di lakukan secara kontinus  terhadap situs web atau halaman web anda / produk digital anda yang berbasis web kebanyakan sehingga ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web / produk kita itu, situs web anda akan di tampilkan dalam halaman awal dari mesin pencarian. ( sebagai contoh GOOGLE ).


Illustrasi SEO ?



siapa sih yang gak pengen situsnya peringkat 1 dalam pencarian kata kunci tertentu, sebagai contoh anda mempunyai sebuah perusahaan, perusahaan anda bergerak dibidang jasa konsultan software atau mempunyai produk yang bisa di pasarkan ke konsumer atau Business to Business. Nostra misalnya, nostra mempunyai banyak tipe jasa yakni seperti Nostra Consultant, Nostra Labs, Nostra DevOps, dsb. Maka dengan melakukan SEO atau optimisasi mesin pencari yang baik dan benar, ketika ada yang mencari dengan kata kunci Software House terbaik jakarta atau konsultan IT terbaik ( dengan bantuan mesin pencari web sebagai contoh GOOGLE ), situs web perusahaan anda akan berada dihalaman pertama daftar hasil pencarian. Semakin baik peringkat di halaman pertama dari berbagai macam kata kunci maka semakin teroptimalisasikan juga web perusahaan anda.


Terus Bedanya SEO sama Non-SEO gimana ? ( serta kelebihan dan kekurangannya )



dan masing masing kekurangan dari SEO & Non-SEO .








 Definisi Definisi dari SEO
  1. Kata kunci (atau keyword atau KW) adalah satu kata yang diketikkan oleh pengguna internet di mesin pencari.
  2.  SEO adalah search engine optimization atau search engine optimizer.
    Frasa kunci (atau key phrase) adalah frase (beberapa kata) yang diketikkan oleh pengguna internet di mesin pencari. Walau berbeda arti, frase kunci sering disebut sebagai kata kunci.
  3.  SERP adalah search engine result page yaitu halaman hasil pencarian mesin pencari.

Berikut ini gambar visual dari definisi-definisi tersebut:



Apakah itu pencarian Organik dan pencarian non-Organik ?

Konsultan IT Indonesia yang diketikkan oleh pengguna internet di mesin pencari sebagaimana ilustrasi di atas disebut dengan “kata kunci” atau “keyword (disingkat KW)“  Ingat istilah penting bersinonim berikut ini:
  1.  Hasil pencarian SEO = hasil pencarian alami = hasil pencarian tak-berbayar = hasil pencarian non-iklan = hasil pencarian organik
  2.  Hasil pencarian non-SEO = hasil pencarian tidak alami = hasil pencarian berbayar = hasil pencarian iklan = hasil pencarian non-organik
  3.  Jadi SEO selalu alami/organik, tak berbayar, non-iklan.
  4.  Dan non-SEO selalu berbayar ( sebagai contoh kita menggunakan jasa Google Ads untuk menempatkan kita pada ranking teratas di beberapa Keyword / niche dalam kurun waktu tertentu ), dan yang pasti cara ini memang lebih cepat dalam mencari user yang mengklik menuju situs anda tetapi untuk anda yang ingin mengetahui lebih tentang SEO saya sarankan untuk menggunakan metode SEO secara alami ( alias Free ).
        
Tujuan SEO itu apa ?
Banyaaakkk, karena fokus SEO yakni meningkatkan Trafik, trafik berarti situs anda sering di kunjungi = situs anda lebih di kenal = situs anda banyak yang tahu ( jika situs anda mempunyai konten yang bermanfaat maka tidak luput pula kemungkinan untuk di share oleh pengguna internet juga besar ).

berikut ini saya jabarkan beberapa tujuan dari SEO.
  1.  Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa AndaSebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang Anda tawarkan di situs Anda. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Anda).

  2. Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna InternetSupaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik (berada di area berwarna merah pada click heatmap yaitu di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih baik lagi menjadi nomor 1 – 3 di SERP).
  3. Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara BerkesinambunganSebagaimana Anda dipahami, dengan riset kata kunci yang benar dan proses SEO yang baik, peringkat pencarian yang bagus tercapai, maka ketiga tujuan utama SEO di atas akan mudah segera dicapai. Jika tujuan SEO Anda tercapai, dari tujuan dasar dan tujuan utama ini, maka dapat dipastikan akan banyak trafik tertarget menuju situs web atau halaman web yang Anda optimisasi untuk mesin pencari. Semakin banyak trafik tertarget, maka potensi tercapainya objektif atau tujuan akhir dari situs Anda akan semakin tinggi.
Nah setelah saya jabarkan beberapa definisi diatas, masa saya gak menyimpulkan apa aja gitu keuntungan SEO bagi pencari trafik dan kostumer yang ada di Internet ? dibawah ini sebagian besar saya jabarkan keuntungan dari SEO.

  1. Biaya yang minimal. Namun masih perlu effort dan waktu yang adil. Oleh karena itu saya mengatakan bahwa SEO tidak gratis!
  2. Cepat terkenal. Semakin sering situs web Anda di bagian atas mesin pencari, semakin banyak orang yang tahu web Anda.
  3. Banyaknya traffic pengunjung. Jika situs web Anda berhasil berada di urutan pertama, atau setidaknya halaman pertama dari halaman mesin pencari, website Anda mempunyai kesempatan besar untuk mendapatkan banyak lalu lintas pengunjung.
  4. Tidak harus Anda sendiri. Untuk melakukan SEO, Anda sendiri tidak perlu melakukannya. Anda dapat mencari orang atau menggunakan jasa SEO untuk mengerjakannya pada web Anda.
  5. Berpeluang membuka jasa SEO. Jika Anda berhasil menerapkan SEO di situs web, Anda dapat membuka jasa pengerjaan SEO.

Reference :

https://medium.com/@georgekao/simple-guide-to-authentic-seo-1b9abb06eacf

https://www.searchenginejournal.com/a-day-in-the-life-of-an-seo/48159/ 

http://adiproject.com/jasa-seo/pengertian-fungsi-dan-tujuan-seo/

No comments:

Post a Comment