Sunday, September 17, 2017

Android Oreo, Is It Good?

Android adalah salah satu mobile OS yang paling banyak digunakan oleh smartphone. Sampai kuartal 4 tahun lalu, Android memiliki 81.7% Market Share dari para pesaingnya, seperti iOS, Windows Phone, Blackberry, dan lain-lain.

Dari 81.7% tersebut, terdapat distribusi versi Android yang berbeda pula. Lebih jelasnya sebagai berikut:
Data collected during a 7-day period ending on September 11, 2017.
Any versions with less than 0.1% distribution are not shown


Nah, dari penggunaan versi OS tersebut, ternyata paling banyak masih menggunakan Android 6.0 atau Marshmallow. Kenapa? Karena tidak setiap vendor smartphone memberikan update terhadap smartphone yang mereka jual. Tapi, kenapa sih dapet update OS itu penting? Karena pada dasarnya, setiap update OS akan meningkatkan performa dari smartphone. Karena sekarang Android 8.0 udah keluar, yuk kita intip, apa aja sih yang bikin kita ngiler untuk dapet update Android 8.0 alias Oreo...

1. Looking Good
    Dari Android 7.0 atau Nougat, memang tidak ada perubahan yang signifikan dari segi UI. Tapi perubahan tersebut tetap ada dengan meningkatkan usability. Yang paling terlihat adalah dari Settings menu, karena sekarang terdapat pengelompokan setting, sehingga pengguna akan lebih mudah dalam bernavigasi.

2. Adaptive Icon
    Biasanya, icon setiap OEM akan berbeda-beda, dengan fitur ini di Android Oreo, maka icon-icon akan beradaptasi bentuk sesuai dengan keinginan pemiliknya.


3. Taking Control
     Di Android Oreo, pengguna mempunyai banyak control dari notification panel. Seperti snooze notification

Picture-in-Picture mode, yaitu pengguna bisa membuat video yang sedang dimainkan menjadi floating window, sehingga pengguna bisa menonton video yang sedang dimainkan sambil melakukan aktifitas lain.


4. Quicker Access
    Fitur ini terlihat seperti 3D Touch yang ada pada iPhone 6s keatas, tapi saya pribadi menyukai fitur ini, karena dengan fitur ini, kita bisa melakukan sesuatu yang spesifik tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu.

5. High Performance Bluetooth Audio
    Ini adalah fitur yang paling dibutuhkan oleh orang-orang yang menggunakan wireless headphone/earphone atau semacamnya. Karena percuma bukan kalau anda mempunyai wireless headphone kalau bluetooth pada smartphone anda tidak bisa disesuaikan Codec nya? Dengan fitur ini, anda dapat mendegarkan lossless file alias FLAC lewat wireless headphone/earphone anda.


Kesimpulan, Oreo sepertinya sudah melakukan perkembangan yang cukup penting, terutama karena Oreo melakukan improvement untuk memberikan kemudahan kepada pengguna, dan untuk saat ini Oreo adalah Android OS yang terlihat paling baik.

Disamping itu, Google juga menyebutkan bahwa performance pada Oreo 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan Nougat... hmm kita lihat saja nanti yaaa!

references:
http://www.androidauthority.com
https://www.android.com/versions/oreo-8-0/
https://www.theverge.com/2017/2/16/14634656/android-ios-market-share-blackberry-2016
https://developer.android.com/about/dashboards/index.html#Screens

No comments:

Post a Comment