Sunday, September 17, 2017

Room Persistence Library

Room adalah bagian dari Android Architecture Components yang diluncurkan oleh Google pada Google I/O Mei 2017. Room dapat membantu kita untuk menangani data persistence pada aplikasi android. Room adalah object mapping library, lebih spesifiknya adalah object relational mapping.

Room memberikan abstraction layer untuk SQLite database. Dengan Room, kita bisa membuat database dengan kode yang sedikit dan sederhana. Dan yang paling keren dari room adalah, room mengerti SQL. Jadi kita sudah memahami SQL, tidak akan sulit untuk menggunakan Room. Untuk membuat relational database dengan Room, kita menggunakan Dao, Entity, dan kelas database Room.

Why Room? 


  • Karena Room menggunakan SQL syntax untuk operasi pada database. Semua orang yang familiar dengan SQL query akan mudah menggunakan Room.
  • Berbeda dengan Realm database yang menggunakan method untuk melakukan query sederhana. Jika kita ingin menggunakan Realm kita harus mempelajari method yang disediakan oleh Realm yang tidak sederhana.
  • Karena SQL syntax yang kita tulis divalidasi saat compile time. Jadi jika kita salah menuliskan SQL, hal ini akan cepat diketahui dan dapat lebih cepat diperbaiki.



Example

Sebelum menggunakan Room, kita harus mengimport library room dengan menggunakan Gradle:

Setelah itu, membuat object entity. object entity adalah object yang menggambarkan table(entity) pada database.

 Lalu membuat object Dao untuk menuliskan operasi yang dapat dilakukan pada database


Setelah itu membuat object Database untuk menjahit Dao dengan object Entity.


Lalu menginisialisasikan Room Database.


Room database siap untuk digunakan.



Reference

No comments:

Post a Comment