Sunday, September 17, 2017

Integrasi Jenkins dan Slack

Halo Sobat Nostra, kali ini saya akan coba memberikan tutorial tentang cara integrasi Jenkins dengan Slack. Tujuan dari intergrasi ini adalah agar setiap tim dari satu projek, dapat mengetahui bagaimana status deployment dari aplikasi yang mereka bangun.

Pertama kita perlu masuk ke dalam akun slack kita, lalu kita coba tambahkan aplikasi yang akan terhubung dengan slack. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:
- Login pada aplikasi slack, lalu klik setting, dan pilih "Add an app.












- Lalu search jenkins CI seperti pada tampilan dibawah ini.


- Lalu Klik "Add Configuration" ,










- Selanjutnya pilih channel slack yang akan digunakan untuk pengiriman notifikasi dari jenkins. Dalam hal ini saya memili channel #build. Klik Add Jenkins CI Integration. Nanti akan di arahkan ke halaman Integration Setting, dimana ada beberapa hal yang perlu dicatat seperti token, karena berguna sebagai inputan di Jenkins.












- Lalu buka halaman website untuk jenkins yang akan kita integrasikan. Pada halaman jenkins, klik Manage Jenkins.  Klik pada bagian manage plugin, dan cari Slack Notification Plugin. Lalu klik check box plugin.
- Setelah diinstal, klik pada Manage Jenkins, lalu pilih Configuration System. Cari Global Slack Notifier Setting. Dan isi beberapa form sesuai informasi server anda. Seperti pada gambar berikut.

- Untuk setiap projek yang ingin kamu dapatkan notifikasi dari jenkins, pilih Configure pada menu proyek.

- Lalu tambahkan Slack Notification, pada bagian Post Build Action.












- Terakhir pada bagian Slack Notification, pilih event apa saja yang kamu terima notifikasinya. Seperti pada gambar berikut.















Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaar bagi teman-teman semua.
Terimakasih.

No comments:

Post a Comment