Sunday, March 18, 2018

Building RESTfull API Using Node JS, Express, and MongoDB

Hai everyone in the world hehe :D kali ini gue mau nge-share bagaimana cara membuat API menggunakan Node JS, Express Framework, dan MongoDB. Sebelum gue membahas cara pemmbuatan API tersebut gue akan sedikit memperkenalkan bahasa pemrograman JavaScript yang berjalan di sisi server side yaitu Node JS, Express Framework, dan MongoDB.



Node.js adalah perangkat lunak yang didesain untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dan ditulis dalam sintaks bahasa pemrograman JavaScript. Bila selama ini kita mengenal JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di sisi client / browser saja, maka Node.js ada untuk melengkapi peran JavaScript sehingga bisa juga berlaku sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server. Node.js memiliki pustaka server HTTP sendiri sehingga memungkinkan untuk menjalankan server web tanpa menggunakan program server web seperti Apache atau Nginx.


Express.js adalah Framework untuk pengembangan Web yang muncul di awal kehadiran Node.js, merupakan yang tertua dan tetap terpopuler untuk digunakan. Express.js memiliki keunggulan Fast, Unopinionated, dan minimalistExpress.js merupakan aplikasi web Node.js yang fleksibel dan menyediakan serangkaian fitur kuat untuk aplikasi web dan mobile.


MongoDB adalah salah satu jenis database NoSQL yang berbasis dokumen dengan fomat JSON. Dalam konsep MongoDB tidak ada yang namanya tabel, kolom ataupun baris yang ada hanyalah collection (ibaratnya tabel), document (ibaratnya record). MongoDB merupakan database open source berbasis dokumen (Document-Oriented Database) yang awalnya dibuat dengan bahasa C++. MongoDB sangat cocok untuk membangun sebuah sistem seperti blog, forum, portal berita, social networking, dan website yang tidak membutuhkan proses transaksi seperti sistem bank. MongoDB sangat tidak cocok jika digunakan untuk membangun sistem berbasis transaksi.

Nah mungkin sekarang kalian ingin bertanya, gimana sih car install ketiganya ? hmmm kepo ya ?? wkwkw. Cukup mudah kok untuk menginstallnya, untuk install Node Js bisa download di https://nodejs.org/en/. cara menginstall sama saja seperti kita menginstall sebuah program jadi ga ribet hehe. Untuk Express JS cuku dengan command npm install express --save pada folder project yang akan kita buat nanti. Sedangkan MongoDB bisa di download di https://www.mongodb.com/download-center?jmp=nav#community. Gue sendiri pake yang versi Community Server dan cara installnya mudah juga kaya Node JS :D

Oke sekarang kita masuk ke materi membuat API dari Node. Js, Express, dan MongoDB. Menurut gue cukup mudah bikin API nya hehe ceckidot..

1. Oke pertama kalian bikin folder untuk project kalian mau di mana bebas, kalo gue bikin di Disk D: dengan nama folder demo.


2. Kemudian masuk dalam folder tersebut melalui command prompt

  • Pertama kita akan buat file package.json dengan command npm init, enter terus sampai muncul Is this oke ? (yes) dan ketik y lalu enter. Kalian lihat di folder projectnya sudah terbuat file package.json.
  • Kemudian kalian install depedency yang kalian butuhkan untuk membuat API nya, yaitu dengan command :
    1. npm install express --save (untuk menginstall express framework pada project kita),
    2. npm install mongoose --save (untuk akses ke MongoDB),
    3. npm install morgan --save (untuk log pada aplikasi),
    4. npm install body-parser --save (untuk parsing url dan json),
    5. npm install method-override --save (untuk membangun protokol HTTP method).
  • Setelah menginstall semua depedency yang kita butuhkan makan akan terbuat folder node_modules dan file package-lock.json, serta menambahkan beberapa depedencynya ke file package.json.

  • Buat file dengan nama app.js , bebas membuat nama filenya bisa server.js atau yang lainnya. tulis kan script berikut pada file app.js.
  • Buat folder baru di dalam folder demo dengan nama routes dan buat file baru didalamnya dengan nama car.js, lalu buat script berikut pada file car.js.
  • Kemudian Buat folder baru di dalam folder demo dengan nama models dan buat file baru didalamnya dengan nama car.js, lalu buat script berikut pada file car.js.
3. Nahhhhhh setelah selesai membuat API nya, kuy kita jalankan aplikasi kita cukup dengan command node app.js dan jangan lupa aktifkan database mongodb kalian terlebih dahulu dengan cara jalankan aplikasi mongod di direktori tempat di installnya mongoDB.

4. Setelah aplikasi sudah berjalan dan database kita juga sudah terkoneksi mari kita test dengan menggunakan postman :D
  • API untuk post data 
  • API untuk get data
  • API untuk update data

  • API untuk delete data

Yapssss.... kita telah selesai dan berhasil membuat API menggunakan Node Js, Express, dan MongoDB . Selamat mencoba everyone !!! 💪



Referensi :

No comments:

Post a Comment