Sunday, March 18, 2018

How-to: Building RESTful API on Ruby on Rails

Halo semua, kembali lagi di Blog Nostra!

Kali ini kami akan membagikan tentang bagaimana cara mengimplementasi RESTful API pada Ruby on Rails. Sebelum memulai, kami akab memberikan beberapa informasi mengenai REST API dan Ruby on Rails itu sendiri.

- What is Ruby on Rails?
Ruby on Rails (disingkat menjadi Rails) adalah framework yang ditulis dengan bahasa pemrograman Ruby, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004. Rails termasuk server side, yang berarti semua proses dijalankan pada server, bukan pada client's browser. 

- What is RESTful API?
RESTful API adalah application program interface yang menggunakan HTTP request untuk mengolah data. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000 oleh Roy Fielding. REST API banyak digunakan oleh web service development.

Kenapa sih menggunakan Rails? Dari segi development, less painful, karena hanya dengan sebuah script, bisa me-generate model dan controller nya. Selain itu, Rails juga mudah dibaca, bahkan oleh orang yang tidak memiliki dasar pemrograman.

Nah langkah-langkah untuk menggunakan Rails adalah:
- Install Ruby
brew install ruby
- Install Rails
brew install rails
- Konfigurasi database (jika diperlukan)
- Run Rails
rails s

note: jika ingin menambahkan dependency pada Gemfile, lakukan `bundle install` untuk me-include dependency yang baru anda masukan

Script untuk membuat Model:
`rails g model {nama model} {nama variable}:{tipe data} {nama variable}:{tipe data} ...`

Script untuk membuat Controller:
`rails g controller {nama controller}`

Setelah men-define apa yang akan dilakukan oleh controller, saatnya mendefinisikan route untuk method-method yang ada di controller. berikut salah satu contoh controller dan route nya:



Wala, sudah jadi deh RESTful API menggunakan Rails! Selamat mencoba!
Keep smart, keep code, and make money!

No comments:

Post a Comment