Saturday, March 17, 2018

Android Annotations - annotation-driven framework library

Hello guys! dalam kesempatan ini gw akan nge-share sebuah library Android yang bernama Android Annotations. Ngomong-ngomong soal annotation, sebenernya apa sih? Mungkin kalian yang sudah expert menggunakan medsos pernah dong mention temennya di suatu komen atau chat grup? Nah, annotation di sini juga ga beda jauh dengan mention yang kita gunakan di medsos tersebut. Hanya saja yang kita mention di sini bukan orang melainkan sebuah method atau function yang dapat diproses oleh java-apt.

Apa sih Android Annotations itu?

Singkatnya, merupakan sebuah library yang mengandalkan teknologi Java Annotation Processing Tool atau disingkat java-apt, dimana hal tersebut simplify your code.  Cara kerja library ini bisa dicek di penampakan berikut :




Jadi lo cukup panggil anotasinya dan biarkan library ini generate code-nya. Simpel kan?

Dalam kasus ini gw dah nyiapin sebuah aplikasi sederhana yaitu ContactApp yang bisa kalian akses di sini, aplikasi ini berfungsi buat nyimpen Nama, Nomor Ponsel, dan Alamat Rumah. Fitur yang disajikan yaitu List Contact, Add Contact dan Edit Contact, dimana data tersebut bakalan disimpan di local database dengan memanfaatkan library Room yang pernah dibahas di sini oleh mas Adi Trioka.

Cara install library-nya gimana sih?

Tambahkan baris berikut di file build.gradle pada module app :

Setelah proses instalasi selesai, yuk cek aplikasinya!

Implementasi

Oke guys, setelah kalian cek aplikasi tersebut bisa dilihat begitu simpelnya line of codes di activity AddEditContactActivity. Mari kita bandingkan dengan line of codes tanpa menggunakan AndroidAnnotations :

Dan berikut line of codes setelah mengimplementasikan AndroidAnnotations :

Dari dua file tersebut bisa dilihat transformasi line of codes setelah menggunakan AndroidAnnotations, yang tadinya 134 baris menjadi 96 baris. Simpel kan?

Oh ya, AndroidAnnotations kemampuannya ga sebatas itu lho! Kalian bisa cek langsung beberapa kekuatan yang disajikan oleh library ini di sini. Kalo bingung cara ngeluarin kekuatannya gimana bisa langsung cek di sini juga ya!

Oke guys, sekian dulu dari gw. Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di blog berikutnya! See ya!

Referensi :

  • https://github.com/androidannotations/androidannotations
  • http://androidannotations.org/

No comments:

Post a Comment