Sunday, December 16, 2018

GRAPHQL

GRAPHQL

Hallo gaes ^_^, kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang GrapQL yang menurut saya sangat menarik, Oke Langsung saja pada pembahasan, Pertama tama kita perlu tau apa si itu GraphQL???

jadi. GraphQL adalah bahasa query yang di buat oleh facebook ini memungkinkan front end untuk menuliskan query yang memiliki bentuk data persis seperti apa yang di inginkan.
nah jadi contoh gampangnya semisial frontend merequest data ke backend dan backend menampilkan data yang sesuai yang di request dari sisi front end,  dengan menggunakan GraphQL front end merequest data dengan menuliskan query kemudian dari backend akan menampilkan data yang sesuai dari request (query) seperti apa yang di request.

nah mungkin langsung aja ke contoh perbedaan yang mudah di pahaminya,
1. Jika menggunakan rest Api tanpa Graphql front end merequest data seperti biasa dengan menggunakan method get dan url datanya
contoh simple
-request URL seperti pada umunya dengan menggunakan method Get

- sample data hasil request


 2. Menggunakan GraphQL dengan merequest URL dan menggunakan method POST kita bisa request data menggunakan query GraphQL
Contoh :
Request Body
-

Hasil Request

Sudah terlihat kab bedanya, Dengan menggunakan GraphQL frontend bisa merequest data sesuai dengan yang di inginkan dengan mendefiniskan kolom apa saja yg ingin direquest.

kali ini kita implementasikan dengan Spring Boot.

pertama siapkan project Spring-boot terlebih dahulu
kemudian sepertia biasa buat modelnya
seperti ini



dan buat query GraphQLnya seperti ini


dan oiya jangan lupa tambahkan dependency Graphql



nah cukup simple kan hee


soo silahkan di coba ya teman teman ,


Kesimpulan

Meskipun GraphQL ini merupakan teknologi baru tetapi bukan berarti GraphQL lebih unggul dari segi performa. Salah satu penelitian tentang GraphQL mengatakan bahwa GraphQL masih belum mengungguli performance RESTful API, dengan catatan sistem yang dibangun memiliki kompleksitas rendah. So kita harus lihat terlebih dahulu mengetahui sistem yang akan kita bangun, apakah cocok untuk menerapkan GraphQL sebagai arsitektur design dari aplikasi kita ?
 

No comments:

Post a Comment