Thursday, December 13, 2018

Menggunakan Wakatime untuk monitoring kerjaan programmer


“You may delay, but time will not” ―Benjamin Franklin


Pernah mendengar quote diatas? Ya, kita sering mendengar atau mengalami yang disebut "delay", tetapi waktu akan tetap berjalan tanpa pernah berhenti. Sebagai seorang engineer yang baik, harus bisa memanajeman waktu dengan baik juga.

Kali ini saya akan sharing tentang software yang akan membantu engineer mengelola waktu dalam pekerjaan atau dalam belajar. Sebut saja Wakatime yang merupakan ide dari Alan Hamlett yang dapat memonitoring apa yang programmer kerjakan. Informasi lain bisa didapat disini.

Untuk langkah-langkahnya mari kita baca sama-sama:
  1. Silahkan registrasi dan login di website wakatime disini
  2. Setelah registrasi, buka setting > account, dan kalian akan mendapat API key, ini yang dipakai IDE kalian untuk memonitoring aktivitas tiap waktu.
  3. Pada gambar 1 terdapat pilihan IDE yang didukung oleh wakatime(IntellIj IDEA, VScode,sublime, terminal dsb), jika kalian klik di salah satu akan ada tutorialnya lengkapnya setiap IDE. 
    Gambar 1. IDE yang didukung
  4. Akan saya contohkan cara integrasi dengan IntelliJ IDEA yaitu dengan install plugin di IDE, kemudian restart IDE, dan buka setting wakatime, dan masukan API keynya.
  5. Kalian dapat melihat leaderboard dan profile kalian di website wakatime seperti gambar 2 sampai 4 dibawah :
    Gambar 2. Leaderboard dari wakatime
  6. Gambar 3. Dashboard wakatime
    Gambar 4. Dashboard project dari wakatime

  7. Jika kalian bekerja/mengkoding di IDE kalian, secara automatis wakatime akan mengcapture waktu, jenis programming languages, sistem operasi yang akan ditampilkan di dashboard.
  8. Dengan begitu, kalian bisa tahu, berapa jam kalian meng-koding, berapa kali kalian commit, project apa saja yang kalian kerjakan. Ini akan membantu engineer ataupun management mengetahui sejauh mana kita bekerja atau untuk tahu kerjaan kita setiap saat.
  9. Selain fungsi diatas, kalian bisa menentukan goal minimal yang harus dilakukan dan juga bisa embed dashboard setiap orang yang mau dimonitoring.
    Gambar 5. Setting goal
Kesimpulanya, wakatime akan membantu pengguna memanajemen waktu dengan baik, jadi silahkan install dan manfaatkan fungsinya secara langsung.
See you.....

No comments:

Post a Comment