Sunday, September 9, 2018

Custom Message Pada Saripaar Validator Library


Hallo guys! Arloji here, dikesempatan kali ini gw bakal berbagi pengalaman gw ketika menggunakan Library Saripaar untuk UI Form Validation. Buat yang belum kenal dengan saripaar, monggo dicek dulu ke postingan gw sebelumnya yang dapat dilihat di sini.

Sebelum gw masuk ke penjelasan, mungkin masih ada yang belum tau alasan kenapa kita mesti melakukan custom pada handling error di library ini. Okeh gw kasih tau, library ini menggunakan annotasi sebagai metode validasinya, dan ketika kita menggunakan library ini langsung maka yang kita compile adalah file JAR atau AARnya, dan itu membutuhkan nilai yang final seperti pesan error “This field is required”, kita tidak bisa melakukan perubahan secara langsung pada file rulesnya.

Nah, bapake yang bikin Saripaar ini dah berbaik hati supaya kita bisa melakukan perubahan pada pesan errornya dengan cara melakukan override untuk masing-masing rules ketika akan memvalidasi komponen. Seperti gambar dibawah ini.


Dari gambar diatas dapat kita liat bahwa gw melakukan custom message untuk masing-masing validasi seperti, “Email tidak boleh kosong”. Misalkan kita ada banyak form yang akan divalidasi, pasti capek dong kalau misalkan dipasang satu per satu, kecuali memang pesan spesifik. Tapi, kalau kita ingin melakukan perubahan pesan dari Bahasa inggris ke Bahasa Indonesia gampang. Ini dia caranya.


Dapat dilihat pada gambar diatas, gw melakukan perubahan pesan default untuk validasi input tidak boleh kosong. Maka ketika input terkena validasi tidak boleh kosong, pesan yang tampil akan menjadi “Input tidak boleh kosong”.


Mungkin akan menjadi pertanyaan, di komponen kita memasang multiple validation (banyak validasi) tapi kok yang tampil hanya satu? Ada tips nih buat yang ingin menampilkan validasi satu persatu, dan hal ini juga dilakukan pada method onValidationFailed juga, yaitu dengan cara mengambil list rule yang error, kemudian ambil list paling pertama dan tampilkan pesan errornya. Berikut adalah bentuk implementasinya.


Sekarang sudah mengerti kan? Sebenarnya gampang banget buat custom pesan error dari validator Saripaar ini. Sekian dulu ya sharing gw tentang custom message ini, semoga bermanfaat. Happy Coding ^_^

No comments:

Post a Comment