Saturday, September 8, 2018

Json naming convention using JsonNaming Annotations (Spring Boot)

Hallooo man teman !!

Pada postingan kali ini saya mau memberikan tips dalam konversi nama pada json saat pembuatan view object (VO) menggunakan JsonNaming Annotations. Pada saat membuat kelas view object, dalam penulisan variabel pada java yaitu menggunakan camelcase. sedangkan standarisasi penamaan json di nostra adalah menggunakan snakecase, sehingga yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan anotasi @JsonProperty seperti berikut :


Pada setiap field kita perlu menambahkan anotasi JsonProperty, nah kalo fieldnya sedikit sih ga masalah nambahin satu2 disetiap fieldnya tapi kan kalo fieldnya banyak lumayan juga kan nulisnya. Anotasi JsonNaming dapat digunakan untuk menghemat penulisan koding. Implementasinya sangat mudah, tinggal menambahkan anotasi JsonNaming diatas class VO tersebut, berikut implementasinya:



Dengan begitu, kodingan kita lebih sedikit dan menghemat waktu kita dalam membuat view object. berikut hasil nya :


Adapula beberapa tipe yang bisa digunakan dengan menggunakan json naming, diantaranya :

  1. LowerCaseWithUnderscoresStrategy yaitu Case dimana kita ingin mengkonversi menjadi karakter huruf kecil dengan pemisah underscore (_). Contohnya konversi dari "iniVariabel" menjadi "ini_variabel".
  2. LowerCaseStrategy yaitu Case dimana kita ingin mengkonversi menjadi karakter huruf kecil tanpa pemisah. Contohya : konversi dari "iniVariabel" menjadi "inivariabel".
  3. PascalCaseStrategy yaitu Case dimana kita ingin mengkonversi huruf depan menjadi huruf besar. Contohnya : konversi dari "iniVariabel" menjadi "IniVariabel".
Demikian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat buat semuanya, terimakasih ^_^


No comments:

Post a Comment