Sunday, September 9, 2018

Reusable Component With Angular 4


Hallo,

Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba menjelaskan bagaimana cara untuk membuat reusable component pada angular 4. Pertama yang dibutuhkan pasti adalah project dengan framework angular 4. Buat project baru dengan command


 Lalu buatlah component biasa dengan menggunakan command


(format “ng generate component *nama component*) pada app.
Buat module bernama shared module dengan isi seperti ini

Shared module ini dijadikan module yang dapat di share untuk setiap component sehingga tidak perlu di declare lagi module-module tersebut, hanya tinggal memanggil shared module. Pada share module ini perlu di declare “ReusableComponent” yang sudah di buat pada declaration dan exports, gunanya agar “ReusableComponent” ini dapat digunakan component lain.
Dicontohkan pada “ReusableComponent” kita dapan menginput nama dan memiliki button, jika button di klik maka nama tersebut akan muncul. Sehingga buatlah HTML seperti ini pada ReusableComponent tersebut 

serta ts seperti ini



Disini kita meng-import “Input” “Output” dan “OnChanges”. Input digunakan dengan format seperti gambar diatas, untuk menerima inputan dari Parent ke Child. Sedangkan Output digunakan dengan format seperti gambar diatas untuk memberikan inputan dari Child ke Parent). Disini Child merupakan Reusable Component, sedangkan Parent merupakan App Component. ngOnChanges berfungsi untuk auto-memanggil data yang diberikan dari Parent ke Child, (App Component ke Reusable Component)

Pada App Component, Reusable Component akan dipanggil dalam format seperti ini 
dimana nameFromChild merupakan variable yang ada pada Reusable Component yang di emit untuk memberikan inputan dari Child ke Parent, dilanjutkan dengan memanggil fungsi berparameter $event. Sedangkan [nameFromParent] merupakan variable yang ada pada Reusable Component yang berfungsi untuk menerima inputan dari Parent ke Child, dilanjutkan dengan memanggil data.
Pada ts App Component 
fungsi yang di panggil tadi berisikan untuk menampung data yang dilempar dari Child ke Parent tadi.


Demikian yang bisa penulis jelaskan. Mohon maaf jika bahasa yang digunakan penulis sulit untuk dimengerti.

Terimakasih.

No comments:

Post a Comment