Saturday, December 16, 2017

Angular Command Line Interface

Pada kesempatan ini saya ingin mencoba menjelaskan sedikit yang saya tahu tentang Command yang ada pada Angular. Pertama tama pada versi Angular (4) sudah bisa menjalankan Command Line Interface (CLI) untuk membuat Component, Service, Routing dll, yang pada AngularJS masi harus dilakukan secara manual. Sebelum kita lebih jauh, untuk menjalankan CLI, kita harus terlebih dahulu menginstall Library Angular-CLI secara global terlebih dahulu.


Setelah menginstall kita sudah bisa menjalankan CLI nya. Pertama tama untuk membuat project Angular baru, kita bisa jalankan command berikut


Kemudian masuk ke project directory my-app, kemudian jalankan ng serve --open. Maksudnya adalah untuk menjalankan project angular tersebut dan flag --open untuk otomatis membuka browser nya. Jika sudah, maka akan terlihat seperti ini.


Setelah itu, mari kita membuat Component, Service dan Routing. Untuk membuat component, jalankan command berikut. 


Command di atas dipakai untuk membuat Heroes Component. Secara otomatis, app.module.ts akan terupdate jika kita membuat component baru. Kalau untuk membuat Service, bisa gunakan command berikut.


Command di atas dipakai untuk membuat Hero Service. Untuk membuat Routing, bisa gunakan command berikut.


Command di atas dipakai untuk membuat routing, flag --flat berarti file yang digenerate akan berada dalam folder src/app. Sedangkan flag --module=app dipakai untuk secara otomatis file yang digenerate mengupdate app.module.ts

Sekian command yang biasa digunakan pada Angular 4. Semoga bermanfaat !

No comments:

Post a Comment