Friday, December 15, 2017

Oracle Stream Analytic - Twitter Stream Getting Started

Oracle Stream Analytic (OSA) adalah sebuah tool dari Oracle yang bertujuan untuk membaca data secara real-time dan terus menerus atau lebih dikenal dengan istilah Streeam. OSA dapat melakukan Stream untuk twitter berdasarkan akun dan/atau hashtag twitter yang didaftarkan sebagai filter. Stream ini sangat berguna untuk menganalisa trend tweet yang sedang menjadi top list. Dalam blog ini akan dijelaskan bagaimana caranya untuk melakukan Twitter Stream menggunakan OSA.

1. Mendapatkan Consumer Key, Consumer Secret, Access Token dan Access Token Secret dari apps.twitter.com. Caranya adalah dengan login ke tautan tersebut menggunakan akun Twitter yang sudah terdaftar dan melakukan permintaan untuk mendapatkan keempat kode rahasa tersebut.

2. Setelah mendapatkan keempat Key pada tahap 1, masuk ke dalam OSA dan masuk ke katalog seperti gambar di bawah


Untuk melakukan Twitter Stream, dibutuhkan minimal 3 komponen yang berada di dalam dropdown menu Create New Item, yaitu : 1. Connection 2. Stream dan 3. Exploration.

Connection : Pada part ini, koneksi yang dijadikan untuk sumber data stream dibentuk.

Stream : Pada part ini, kita akan mendefinisikan detail stream yang akan kita buat seperti jenis streaming, kata kunci streaming dan bentuk dari output streaming yang diinginkan.

Exploration : Pada part ini hasil streaming yang sudah didefinisikan sebelumnya akan ditampilkan. Kita dapat mengatur kecepatan stream, filtering, dan juga mengatur Business Rule sesuai kebutuhan.

3. Seperti yang sudah dijelaskan pada tahap dua, hal pertama yang dilakukan adalah membuat Connection dengan cara memilih dropdown Create New Item dan pilih Connection dan menu Connection terbuka seperti gambar dibawah :


Name : Diisi dengan nama koneksi yang akan kita buat.

Description : Diisi dengan deksripsi dari koneksi yang akan kita buat.

Tag : Diisi dengan tag untuk mempermudah proses pencarian dengan cara mengelompokkan berdasarkan tag.

Connection type : Jenis koneksi yang berisi beberapa pilihan. Untuk kasus ini kita pilih Twitter.

Selanjutnya kita memasukkan Consumer Key, Consumer Secret, Access Token dan Access Token Secret yang sebelumnya sudah didapatkan di tahap 1. Hal ini berguna untuk mendapatkan akses kedalam Twitter agar kita dapat melakukan streaming data. Setelah terisi semua lalu klik tombol Save.


3. Setelah koneksi sudah terbuat dengan benar, tahap selanjutnya adalah membuat Stream. Caranya sama dengan cara membuat Connection, yaitu klik dropdown Create New Item dan pilih Stream dan menu Stream akan terbuka.


Name : Diisi dengan nama Stream yang akan kita buat.

Description : Diisi dengan deksripsi dari Stream yang akan kita buat.

Tag : Diisi dengan tag untuk mempermudah proses pencarian dengan cara mengelompokkan berdasarkan tag.

Stream type : Jenis Stream yang berisi beberapa pilihan. Untuk kasus ini kita pilih Twitter.

Jika Checkbox kita centang, maka setelah pembuatan Stream ini menu Exploration akan otomatis terbuka tanpa harus kita membukanya manual dengan cara Create New Item.


Connection : Kita pilih koneksi yang sudah kita buat sebelumnya.

Hashtags : Diisi dengan list Hashtag atau String yang akan dijadikan sebagai parameter pencarian streamingnya. Jadi tweet yang akan tersaring adalah tweet yang mengandung kata-kata yang sudah kita definisikan di Hashtags.

Languages : Diisi dengan bahasa yang akan dijadikan sebagai parameter pencarian streaming. Jadi tweet yang akan tersaring adalah tweet yang berbahasa tertentu, jika ingin semua maka Languages tidak perlu diisi.

Users : Diisi dengan User ID yang akan dijadikan sebagai parameter pencarian streaming. Jadi tweet yang akan tersaring adalah tweet yang dibuat oleh akun tersebut.


Pada bagian ini, kita akan memilih Shape atau bentuk dari output streaming yang sudah kita define sebelumnya. Untuk Twitter Streaming, Shape hanya terdiri dari 1 shape yang sudah terdefinisi dan disesuaikan dengan twitter. Jika sudah terisi semua, klik tombol Save.

4. Karena sebelumnya kita mencentang checkbox pada tahap 3, maka menu Exploration akan otomatis terbuka. Jika tidak mencentang, caranya dengan klik dropdown Create New Item dan pilih Exploration.


Name : Diisi dengan nama Exploration yang akan kita buat.

Description : Diisi dengan deksripsi dari Exploration yang akan kita buat.

Tag : Diisi dengan tag untuk mempermudah proses pencarian dengan cara mengelompokkan berdasarkan tag.

Source : Diisi dengan nama Stream yang sudah kita buat sebelumnya.

Jika semua sudah diisi, klik tombol Create dan OSA akan mengarahkan kita ke dalam tampilan detail dari Exploration.



Tabel diatas adalah kumpulan tweet hasil dari Data Stream yang sudah kita definisikan pada tahap 3.

No comments:

Post a Comment