Friday, December 15, 2017

MENGINTEGRASIKAN OBIEE 12C DAN WEBCENTER PORTAL 12C (PART 1)

Pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana mengintegrasikan OBIEE 12C dan Webcenter Portal 12C. Hal ini bertujuan agar kita bisa membawa BI Content ke dalam Webcenter Portal agar lebih powerful. Sebelum melakukan INTEGRASI ada beberaspa hal yang perlu diperhatikan.
  1. OBIEE dan Webcenter Portal menggunakan weblogic yang sama sehingga user dari kedua aplikasi ini akan sama.
  2. Jika OBIEE dan Webcenter Portal diinstall di weblogic yang berbeda maka keduanya harus menggunakan identity store yang sama.
  3. Jika OBIEE dan Webcenter Portal diinstall di weblogic yang berbeda dan mempunyai identity store yang berbeda juga, maka buatlah user dengan nama yang sama di masing-masing default authenticator.
Setelah sesuai dengan hal-hal diatas maka kita dapat memulai proses integrasi. Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai integrasi dari sisi OBIEE. Untuk Webcenter Portal akan dibahas dilain kesempatan.

Berikut langkah-langkah pengaturan dari sisi OBIEE:
  1. Buat satu user BIImpersonateUser untuk terhubung OBIEE Presentation Service dan OBIEE Objects. Untuk membuat user, buka Weblogic console > Security Realms > myrealm > Users and Groups > click on New button dan beri nama user "BIImpersonateUser" dan isi password kemudian klik OK.




  2. Grant permissions ke user yang sudah dibuat. Buka Enterprise Manager, dibawah Weblogic Domain drop down menu pilih Security > Application Policies kemudian pada "Application Stripe" pilih obi kemudian pada "Principal Type" pilih user dan pilih "Create button".



  3. Setelah melakukan langkah diatas maka akan muncul halaman "Create Application Grant". Didalam tab "Permissions" klik add untuk menambahkan permission baru dan akan muncul pop-up. Pilih "oracle.security.jps.ResourcePermission" pada drop down "Permission Class".



  4. Kemudian pindah tab ke "Resource Types". Kemudian pada "Resource Type" pilih "oracle.bi.user" dan klik Continue.



  5. Setelah itu akan muncul halaman lanjutan. Dalam field "Resource Name" isi dengan "*". Kemudian pada field "Permission Action" pilih "impersonate". kemudian pilih "Select".



  6. Setelah langkah diatas maka akan kembali ke halaman "Create Application Grant". Pada bagian "Grantee" pilih Add maka akan muncul pop-up "Add Principal". Pada field "Type" pilih "User" kemudian klik tanda panah di sebelah field "Display Name".



  7. Setelah muncul list user, pilih "BIImpersonateUser" dan klik OK. dan akan kembali ke halaman "Create Application Grant".



  8. Pada halaman "Create Application Grant" pilih OK untuk menyelesaikan proses grant user.


Setelah proses grant selesai berarti selesai sudah sesi dari OBIEE untuk proses integrasi. Untuk sesi Webcenter Portal akan dibahas pada sesi yang berbeda pada "MENGINTEGRASIKAN OBIEE 12C DAN WEBCENTER PORTAL 12C (PART 2)".

No comments:

Post a Comment