Saturday, December 16, 2017

Sublime Text 3

Halo Nostra Readers!

Kali ini saya akan sharing mengenai Sublime Text.

Apa sih Sublime Text?
Sublime Text merupakan teks editor yang sangat ampuh, cocok digunakan untuk melakukan coding dalam berbagai bahasa, dimana Sublime Text sudah menyediakan format syntax dari bahasa-bahasa pemrograman yang ada. Misal kita akan coding bahasa Java, maka sublime sudah menyediakan formatting pada teks editor, seperti memberikan warna-warna yang berbeda pada syntax Java. Untuk lebih jelas dapat lihat pada gambar dibawah.



dapat dilihat Sublime Text sudah membedakan warna untuk tipe data, nama variabel, nilai, dan nama class yang mana merupakan syntax dari Java itu sendiri.
Versi terbaru dari Sublime Text kali ini adalah versi 3.0. Hingga kini, beberapa bahasa sudah disiapkan seperti pada gambar berikut.


Kemudian kita dapat menambahkan folder proyek kita untuk memudahkan navigasi file ketika menggunakan Sublime Text. Dapat dilakukan dengan klik File lalu Open Folder. Dengan melakukan itu akan muncul tampilan sebagai berikut.



Selain itu, Sublime Text memberikan beberapa fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan coding, misalkan kita ingin mencari suatu file di dalam sebuah proyek yang besar dan rumit, cukup dengan menekan Ctrl + P kita dapat mencari file yang ingin kita cari, baik itu bagian dari nama file, maupun kata dari dalam file yang dibuka dengan tanda '#'.



Sublime Text juga dapat melakukan editing secara paralel. User dapat memilih line mana saja yang ingin diedit dengan Ctrl + klik, lalu dengan mudah mengetik apa yang user inginkan.



Fitur find and replace pada Sublime Text sangat berguna juga. Dengan menekan Ctrl + H, akan diberikan tampilan dibawah sublime text berupa input find dan replace. Disini kita dapat dengan mudah mereplace, baik itu kata maupun variabel yang berulang dengan mudah.



Lalu untuk melakukan comparing coding, Sublime Text dapat memberikan user tampilan layout baik dengan tampilan per kolom ataupun per baris sehingga user dapat dengan mudah melihat code dari file lain dengan mudah.



Masih banyak lagi hal-hal yang bisa dieksplorasi pada Sublime Text ini, seperti mengubah tema sehingga warna-warna pada code kita terasa nyaman untuk kita. Lalu menambah plugin-plugin yang ada pada internet maupun forum nya. Kita juga dapat membaca dokumentasi dari Sublime Text pada link berikut.

Sekian dulu sharing dari saya, semoga bermanfaat dan memudahkan dalam coding!

Happy Coding!

No comments:

Post a Comment