Friday, December 15, 2017

MENGINTEGRASIKAN OBIEE 12C DAN WEBCENTER PORTAL 12C (PART 2)

Pada tulisan saya sebelumnya MENGINTEGRASIKAN OBIEE 12C DAN WEBCENTER PORTAL 12C (PART 1), kita sudah membahas integrasi OBI dan Webcenter dari sisi pengaturan di OBI. pada kesempatan kali ini saya akan membahas pengaturan dari sisi Webcenter Portal. Yang akan kita bahas disini akan kita bagi menjadi 2 bagian yaitu
  • Membuat SOAP Connection ke BI Server
  • Menambahkan BI Catalog ke dalam Webcenter Portal
Berikut langkah-langkah pengaturan dari sisi Webcenter Portal bagian pertama yaitu Membuat SOAP Connection ke BI Server:
  1. Masuk ke Enterprise Manager kemudian klik "Weblogic Drop Down" Menu dan pilih System MBean Browser. Pilih Application Defined MBeans > oracle.adf.shared.connections > Server : WC_Portal > Application: webcenter > ADFConnections > ADFConnections. Kemudian pada tampilan sebelah kanan pilih tab "Operation" kemudian klik "createConnection".


  2. Pada halaman "Operation: createConnection", isi field "Connection Type" dengan "BISoapConnection" kemudian pada field "Connection Name" isi dengan "biserver" kemudian klik tombol "Invoke" dan akan ada konfirmasi jika sudah tersimpan


  3. Kemudian pada menu sebelah kiri klik icon refresh agar koneksi baru yang sudah dibuat muncul pada tree. Kemudian pada tree yang terakhir dipilih yaitu "ADF Connections" kemudian expand lagi akan terlihat koneksi yang baru dibuat yaitu "BISoapConnection" kemudian expand kembali dan akan terlihat "biserver". Klik pada "biserver" dan isi field sebagai berikut:
       - Context : analytics
             - Host : <bisa diisi ip server BI atau hostname server BI>
       - IsStaticResourcesLocationAutomatic: true
       - Password: welcome1
       - Port: <default port adalah 9502>
       - Protocol: http
       - Username: BIImpersonateUser
       - StaticResourcesLocation: <http://machine.domain:port> <default 9052>



    Setelah sesuai klik "Apply".

  4. Kemudian klik menu "ADF Connections" dan pilih tab "Operation" lalu klik "save".


  5. Kemudian klik "Invoke".


Berikut langkah-langkah pengaturan dari sisi Webcenter Portal bagian kedua yaitu Menambahkan BI Catalog ke dalaam Webcenter Portal

  1. Masuk ke Webcenter Portal sebagai administrator kemudian pilih "Administration" kemudian pilih tab "Shared Assets" dan pilih pada menu kiri "Resource Catalogs". Kemudian copy "Default Home Portal Catalog" pada "Resource Catalogs".


  2.  Kemudian isi pada field "Display Name" dan "Description" kemudian klik OK


  3. Kemudian centang kolom "Available" pada catalog yang baru dibuat.


  4. Setelah itu pilih pada catalog yang baru dan pilih menu Action  > Edit Properties/


  5. Pada bagian "Exclude Asset Usage" pilih "Include in All Portals" pada radio button dan klik OK


  6. Kemudian klik link "Edit" pada kolom "Action" dan pilih Add > Folder. Maka akan muncul pop-up untuk mengisikan nama folder dan klik OK.


  7. Lalu pilih pada folder yang baru saja dibuat kemudian klik Add > Add From Library. Kemudian pilih Connection pada menu sebelah kiri dan pilih "BI Presentation Services" pada halaman sebelah kanan, lalu klik "Add".


  8. Kemudian klik "Save and Close".


  9. Kemudian pilih tab "Settings" dan pada bagian "Assets" field "Portal" pilih nama catalog yang sudah kita buat tadi. kemudian klik "Save".


  10. Setelah itu kita bisa cek pada Portal yang kita miliki pada daftar catalog dan kita bisa menambahkan Chart yang ada pada BI ke Webcenter Portal.




Cukup sekian pembahasan proses integrasi dari sisi Webcenter Portal. Untuk custom Portal bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Referensi :
https://docs.oracle.com/middleware/1221/biee/BIEDV/embedding_adf.htm#BIEDV1247
https://docs.oracle.com/middleware/1221/wcp/admin/GUID-6BBFCB32-93CA-4594-8A8F-5428396FA005.htm

No comments:

Post a Comment