Saturday, December 16, 2017

Scripting pada Postman

Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan fitur yang sangat membantu dari Postman yaitu fitur scripting, dengan fitur ini kita dapat menambahkan dynamic behavior pada Request yang kita buat. Fitur scripting ini menggunakan bahasa javascript.

Ada dua jenis scripting yang dapat dibuat, masing-masing dibedakan waktu pengerjaannya, yaitu:

  1. Pre-Request Script, yang dikerjakan pada request sebelum request dikirim ke server. Untuk mengakses fitur ini dapat dilakukan dengan mengakses tab Pre-request Script pada Postman.
  2. Test Script, yang dikerjakan setelah mendapatkan response balik dari server. Untuk mengakses fitur ini dapat dilakukan dengan mengakses tab Test pada Postman.
Tab Pre-request Scipt dan Test Script pada Postman

Fitur ini sangat membantu saya pada saat melakukan testing pada postingan saya sebelumnya yang menjelaskan mengenai OAuth. Pada saat testing OAuth kita dapat menyimpan data token yang didapat pada environment variable.

Contoh Test OAuth

Dapat dilihat pada testing diatas kita mendapatkan token akses untuk mengakses OAuth protected content, tetapi mengetik berulang-ulang ataupun melakukan copas untuk mengakses setiap OAuth protected content sangat merepotkan, untuk itu kita akan menyimnpan token akses ini kedalam sebuah variabel, dan untuk melakukan penyimpanan ini kita dapat menggunakan scripting.

Berikut script untuk menyimpan token akses yang saya gunakan:

var jsonData = JSON.parse(responseBody);
postman.setEnvironmentVariable("token", jsonData.access_token);

Pada script diatas saya melakukan parsing JSON Body dan mengambil data dari field access_token lalu menyimpannya pada variabel token. dikarenakan data yang diambil dari response maka script diatas saya simpan pada tab Test.

Script penyimpanan token pada tab Test

Tentu saja sebelum melakukan penembakan, kita perlu menambahkan Environment terlebih dahulu, agar token dapat disimpan.

Setelah melakukan penembakan API dapat dilihat pada Environment yang kita ciptakan bertambah sebuah variabel yang bernama token.

variabel token pada environment yang diciptakan

Terakhir saya menggunakan variabel token pada tab Authorization, mengganti tipe Authorization menjadi "Bearer Token" dan mengisi token dengan {{token}} (atau {{nama_variabel_yang_digunakan}}) .

Menggunakan token yang disimpan untuk mengakses OAuth Protected Content

Ada berbagai macam cara dalam mengutilisasikan fitur scripting pada Postman, salah satunya adalah untuk menyimpan token, hal ini akan sangat membantu kita dalam melakukan testing API.

Sekian penjelasan saya untuk kali ini.

Terimakasih.

No comments:

Post a Comment