Saturday, December 16, 2017

Angular Version History

Baru baru ini saya mencoba tentang Angular 4, namun ada sebuah pertanyaan yang terlintas di benak saya ketika mencoba Angular 4. Apakah perbedaan antara AngularJS, Angular 2 dan Angular 4? Dan kenapa harus Angular 4? 2 Pertanyaan itu sedikit menganggu dan akhirnya saya memutuskan untuk mencoba mencari tahu sejarah nya.

Pada 2010 AngularJS dibuat sebagai Javascript framework, dan pada pertengahan 2016 Angular 2 dibuat dengan menggunakan Typescript untuk melengkapi kekurangan yang ada pada AngularJS, meskipun keduanya sangat berbeda. Seiring berjalan nya waktu, Angular Team mengupdate versi. Namun ketika sudah mencapai versi Angular 2.3, versi selanjutnya yang di rilis adalah Angular 4. Disini saya sempat menjadi jengkel dimana saat itu saya baru terjun di Angular 2 dan tiba tiba di update menjadi Angular 4. Saya sempat memutuskan untuk meninggalkan Angular karena dalam waktu dekat mereka mengupdate 2 Major versi, namun disaat itu saya tidak mencari tahu tentang alasan nya. Hingga pada saat saya mencoba Angular 4, saya merasa familiar dengan syntax nya yang mirip dengan Angular 2.

Setelah mencari tahu, ternyata Angular 4 tidak mengalami major update dari Angular 2.3. Yang terjadi sebenarnya dikarenakan Angular Libraries yang digunakan pada Angular 2.3 ada sedikit perbedaan versi, dan agar tidak membuat developer bingung, Angular Team memutuskan untuk mengupdate menjadi Angular 4.

Selanjutnya, agar tidak membuat tambah bingung, Angular Team memutuskan untuk menghilangkan Version Suffix yang awalnya Angular 4, menjadi Angular. Jadi hanya ada 2 jenis Angular. AngularJS(1.x) dan Angular (2+). 

Sekian dulu penjelasan saya, semoga mencerahkan.

No comments:

Post a Comment